get app
inews
Aa Read Next : Rugikan Negara Rp 361 Juta, Kontraktor Rumah Nelayan di Lutim Ditetapkan Tersangka

PT Vale Bantu Kebutuhan Air Bersih Korban Banjir di Balambano

Senin, 11 Juli 2022 | 01:27 WIB
header img
PT Vale Indonesia mendistribusikan suntikan air bersih bagi warga yang terdampak banjir.

LUTIM, iNews.id - Curah hujan yang tinggi  mengakibatkan sungai Togo, Desa Balambano, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur, meluap, Minggu (10/7/2022) pagi.

Rumah warga yang berada di bantaran sungai tersebut terendam banjir setinggi paha orang dewasa.

Akibatnya, warga kesulitan mendapatkan air bersih. Beruntung PT. Vale Indonesia menerjunkan dua unit mobil tangki kapasitas 5000 liter.

Selain rumah warga, PT. Vale Indonesia juga menyalurkan air bersih ke Masjid disekitar lokasi bencana.

Kades Balambano, Muhammad Ronal menuturkan banyak terimakasih ke PT. Vale Indonesia atas kepedulian dan bantuan yang diberikan ke masyarakatnya.

"Mewakili korban banjir, saya berterima kasih ke PT. Vale yang sudah empati dengan kejadian yang menimpah desa kami," ucapnya.

Senada dari itu, pihak eksternal PT Vale, Abdul Rauf Dewang mengatakan, ini adalah bagian dari tanggung jawab kami, dan Desa Balambano merupakan area pemberdayaan PT. Vale.

Terlepas dari pada itu kata Rauf, ini juga sudah menjadi kewajiban untuk bagimana bisa berbagi antar sesama serta saling tolong menolong ditengah kesulitan.

"Insya Allah, besok kami akan kembali menyalurkan air bersih ke korban banjir dengan menurunkan dua unit mobil tangki," ujarnya.

Terpisah, menurut warga setempat, Wahyu, bahwa akibat curah hujan yang tinggi maka akan berdampak pada meningkatnya debit air sungai ini.

Dengan kondisi tersebut tentu air tak mampu lagi mengalir melalui culvert lantaran diameter lingkarannya terbilang kecil sehingga air meluap dan merendam pemukiman warga disekitar bantaran sungai, jelasnya.

"Olehnya itu, kami meminta agar PT. Vale segera mengganti culvert saat ini dengan culvert yang diameternya lebih besar sehingga air bisa mengalir lancar hingga ke muara," harapnya.

Editor : Nasruddin

Follow Berita iNews Lutra di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut