get app
inews
Aa Read Next : Sekretaris DPW NasDem Sulsel dan FKJ Bahas Pemilihan Pendamping Hasil Survei

Gejala Stroke yang Tidak Disadari Penderitanya

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 21:02 WIB
header img
Gejala stroke yang tak disadari penderita (Foto: Watauga hearing)

JAKARTA,iNewsLutra.id. - Stroke dianggap sebagai menyerang orang tua, namun tidak menutupkemungkinan penyakit ini dapat menyerang anak muda

Stroke dapat terjadi akibat kurangnya pasokan darah ke otak akibat penyumbatan (stroke iskemik), atau bisa juga karena pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Jika otak tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang cukup, sebagian sel-sel yang ada otak akan mati.

Kondisi inilah yang kemudian dikenal dengan istilah stroke, di mana bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik.

Gejala stroke sendiri sebetulnya terbagi menjadi beberapa kategori. Salah satunya adalah stroke ringan atau transient ischemic attack (TIA). Tanda dan gejala stroke ini sama seperti dengan stroke lainnya, namun terjadi lebih cepat.

Jika ditilik dari beberapa pengalaman pasien stroke, durasi serangannya bisa berlangsung antara beberapa menit hingga beberapa jam.

Saking cepatnya, seseorang terkadang tidak menyadari bahwa mereka baru saja terkena serangan stroke. Contoh kecilnya, seseorang tiba-tiba mengalami kesulitan berbicara atau bergerak selama beberapa menit sebelum akhirnya organ mereka berfungsi kembali.

Jika Anda atau kerabat Anda tiba-tiba kesulitan berbicara selama beberapa menit, maka sebaiknya dilarikan ke rumah sakit. Ini perlu dilakukan untuk memberikan perawatan dari serangan stroke agar bisa lebih cepat disembuhkan dan tak berakibat fatal.

Seperti dilansir dari Everyday Health, penting bagi siapapun untuk menjaga berat badan ideal dan tekanan darah agar tak kena hipertensi. Sebab hipertensi bisa memicu stroke.

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut