get app
inews
Aa Read Next : BLT di Luwu Utara Disalurkan

Sumpah Pemuda Siswa SMKN 5 Lutra Bakti Sosial di Makam Pattimang, Kepsek Ardhie: Ada Hotel Wisata

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 11:44 WIB
header img
Siswa SMKN 5 Luwu Utara laksanakan bakti sosial di Pemakaman Datu' Pattimang dalam rangka peringati hari Sumpah Pemuda, (Foto : Dok. SMKN 5 Lutra)

LUTRA, iNews.id - Siswa SMKN 5 Luwu Utara, Sulawesi Selatan, melaksanakan bakti sosial di situs sejarah untuk memperingati hari Sumpah Pemuda. Jumat, (28/10/2022).

Bakti sosial ini dilaksanakan di Pemakaman Datu' Pattimang yang terletak di Kecamatan Malangke, 

Lokasi tersebut dipilih karena nilai sejarahnya yang kuat terlebih Datu' Pattimang merupakan sosok yang berperan dalam menyebarkan ajaran Islam di Tanah Luwu.

Ardhie Noer, Kepala Sekolah SMKN 5 Luwu Utara mengatakan bakti sosial dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila sekaligus mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

 


Siswa SMKN 5 Luwu Utara bersihkan makam Datu' Pattimang, (Foto Dok. SMKN 5 Lutra)

"Praktik baik dalam kepemimpinan dan pembelajaran dalam mewujudkan peserta didik SMKN 5 Luwu Utara menjadi pelajar pancasila melalui kegiatan di hari Sumpah Pemuda dengan melakukan bakti sosial di situs sejarah Religi Makam Datu' Pattimang yang merupakan pembawa syiar islam di Tanah Luwu. Hal ini untuk memelihara dan merawat serta melestarikan warisan situs sejarah budaya di Desa Pattimang," katanya.

Ardhie berharap, dengan adanya kegiatan bakti sosial ini seluruh warga ikut ambil bagian dan bersatu menjaga warisan sejarah.

"Ini merupakan upaya SMKN 5 Luwu Utara untuk mengangkat kembali sejarah islam bahwa syiar islam pertama di sulawesi itu ada juga di tanah luwu dan ini menjadi kebanggaan karena berdekatan langsung dengan sekolah kami," ujar Ardhie.

Sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisata religi kata Ardhie, pihaknya menyiapkan fasilitas Hotel di SMKN 5 Luwu Utara.

Sumarni, Kepala Desa Pattimang mengaku merespon baik dan mengapresiasi pelaksanaan bakti sosial siswa SMKN 5 Luwu Utara.

"Terima Kasih banyak atas kerja samanya, dengan niat yang baik kita serahkan kepada yang kuasa, semoga selalu bernilai ibadah di sisi Allah SWT," ujarnya.

Sumarni berharap kegiatan serupa bisa ditingkatkan agar para generasi khususnya di Desa Pattimang lebih mengenal situs sejarah di daerahnya sekaligus menjadi wadah untuk menambah wawasan kebangsaan.

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut