get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilkada 2024, Nama-Nama Calon Pasangan Farid Kasim Judas Mencuat

HIV/AIDS di Tulungagung Merenggut 400 Jiwa

Kamis, 01 Desember 2022 | 15:07 WIB
header img
Angka kematian akibat HIV/AIDS di Tulungagung capai 400 jiwa, (Foto: Ilustrasi Sindo News)

TULUNGAGUNG, iNewsLutra.id - Tercatat ada 319 remaja dan pemuda usia 15-24 tahun terinfeksi HIV/AIDS di Kabupaten Tulungagung. Mereka dinyatakan positif HIV/AIDS diduga tertullar dari hubungan seksual.

"Untuk remaja memang 319 terakhir yang kita launching perkembangan kasus remaja, usia 15-24 tahun," kata Ifada Nur Rohmania, Sekreatis Komisi Penanggulan AIDS (KPA) Kabupaten Tulungagung. Kamis, (1/12/2022).

Hingga akhir 2022 penularann HIV/AIDS di tulang agung mencapai 3.177 kasus. jumlah ini membuat Kabupaten Tulungagung menempati peringkat 5 penularan HIV/AIDS terbesar di Jawa Timur
Ifada Nur Rohmania mengatakan, sebagian penderita HIV/AIDS tertular virus dengan menyerang kekebalan tubuh dari hasil hubungan seksual.

"Karena transmisi dari hubungan seksual, tapi yang lima orang penularan vertikal dari ibu ke anak," kata Ifada.

Sementara itu, Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Tulungagung, Didik Eka mengaku jika penularan HIV/AIIDS di Tulungagung merenggut 400 jiwa, untuk tahun ini sudah 4 yang meninggal dunia.

Untuk menekan angka kematian akibat HIV/AIDS, pemerintah Tulungagung menyediakan layanan antiretrovitral (ARV) di 32 puskesmas serta empat rumah sakit.

"Ini mengingatkan kita yang sehat ini mereka itu sakit dan harus kita tolong, bukan justru kita stigma dan diskriminasi," ucap Didik.

Artikel ini telah tayang di jatim.inews.id dengan judul "KPA: 319 Remaja dan Pemuda di Tulungagung Terinfeksi HIV/AIDS"

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut