get app
inews
Aa Read Next : Kuliah Umum K3 PT Masmindo di Kampus Unismuh Palopo Diikuti Ratusan Peserta

PT Masmindo Dwi Area Laksanakan Pelatihan Pengembangan Agribisnis di Desa Boneposi

Selasa, 21 Maret 2023 | 20:10 WIB
header img
PT Masmindo Dwi Area laksanakan pelatihan pengembangan agribisnis, (Foto : Humas PT Masmindo).

BELOPA,iNewsLutra.id - Desa Boneposi terletak di Kecamatan Latimojong dengan beragam potensi. Didukung kondisi alam yang memadai memungkinkan Desa Boneposi menjadi desa usaha yang berbasis potensi alam.

Sebagai langkah awal, PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) bekerjasama dengan Pemerintah Desa Boneposi dan didukung Dinas Pertanian Kab. Luwu berupaya membekali pengetahuan dan keterampilan tentang budidaya pertanian, perkebunan dan peternakan bagi masyarakat melalui program pelatihan. 

Pelatihan tahap perdana dilaksanakan Sabtu 18 Maret 2023 dengan fokus budidaya pertanian bagi Kelompok Wanita Tani (KWT). Pada Minggu 19 Maret 2023 di Program lanjutan dilaksanakan dengan Pelatihan Pengembangan Agribisnis Terpadu.

Kegiatan tersebut dihadiri Jumardin, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu dan Kasi Peternakan.

Kegiatan tersebut diikuti 35 peserta termasuk anggota kelompok tani, kelompok peternak asal Desa Boneposi. Nampak para peserta didominasi oleh kaum wanita. 

Materi pelatihan dipadukan antara teori dan praktek budidaya pertanian (agronomi) tanaman pangan (hortikultura) dan perkebunan yang dibawakan oleh Dr.Masluki.

Sementara Materi budidaya hijauan makanan ternak berikut pengolahan pakan hijauan makanan ternak disampaikan Arsyad, seorang praktisi sekaligus teknisi  di lembaga lokal Asosiasi Perternak Kambing Luwu (APKAL). 

Dalam materi para peserta disuguhi pengetahuan kesehatan ternak, perawatan melalui vaksinasi dan pemberian vitamin.

Kepala Desa Boneposi Muh.Hamka berharap pelatihan ini menjadi solusi atas dampak sosial ternak kambing dengan sistem lepas, yang kerapkali menjadi hama tanaman dan meresahkan warga.

"Kita bersyukur dengan adanya program Masmindo seperti ini. Kita berharap agar dimasa mendatang masyarakat merubah pola beternak menjadi sistim kandang. Apalagi dengan dukungan pakan berkualitas baik dalam bentuk hijauan segar maupun olahan. Ini akan sangat membantu’," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu mengingatkan kepada masyarakat betapa pentingnya perawatan kesehatan ternak untuk meningkatkan produktifitas dan mengurangi resiko penyakit.

"Ternak membutuhkan perawatan, untuk memastikan agar kondisinya sehat. Kesehatan ternak berkaitan dengan produktifitas, perkembangbiakkan, bahkan berpotensi mempengaruhi kesehatan manusia juga, jika misalnya mengkonsumsi daging dari ternak yang tidak sehat," kata Jumardin.

Menurutnya, pelatihan yang dilaksanakan sangat penting untuk menjaga kesehatan masyarakat veteriner (Kesmavet). 

Manager Community Development & Engagement (CDE) Masmindo Rahmad Sabang menyampaikan jika pelatihan yang dilaksanakan oleh PT Masmindo merupakan pelatihan dasar.

"Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan kepercayaan diri para petani untuk lebih profesional dalam menjalankan usaha agribisnisnya. Ini dicapai melalui mix farming sebagai upaya mendorong pemanfaatan sumber-sumber ekonomi baru dari budidaya subsektor perkebunan dan peternakan, sehingga cash flow keuangan rumah tangga warga semakin baik," ungkapnya.

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut