get app
inews
Aa Read Next : Farid Kasim Judas Kembalikan Formulir Partai Demokrat dan PDIP sebagai Bakal Calon Wali Kota Palopo

Luluhkan Hati Orang Berwatak Keras dan Pemarah, Ini Doanya

Kamis, 16 November 2023 | 20:56 WIB
header img
Ilustrasi Doa

JAKARTA,iNewsLutra.id - Menganjurkan doa sebagai sarana untuk meluluhkan hati orang yang marah dan memiliki watak keras adalah praktik yang sangat ditekankan. Doa tersebut memiliki kekuatan untuk meredakan kemarahan seseorang dan membina hubungan yang lebih baik dengan mereka. Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah agar memberikan hikmah kepada individu yang tengah marah dan memiliki sifat keras, sehingga mereka dapat melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda.

Doa ini juga mengajarkan nilai-nilai kesabaran, kebijaksanaan, dan keikhlasan untuk selalu memaafkan, bahkan kepada orang-orang yang tidak bersikap baik terhadap kita. Beberapa doa yang dapat diucapkan untuk meredakan hati orang yang keras kepala, seperti yang dilaporkan oleh iNews.id dari berbagai sumber pada Senin (13/11/2023).

Doa Meluluhkan Hati Orang yang Marah dan Berwatak Keras (Surat Thaha Ayat 1-5): Surat Thaha, ayat 1 sampai 5:

طه , مَآ أَنزَلۡنَا عَلَيۡكَ ٱلۡقُرۡءَانَ لِتَشۡقَىٰٓ , إِلَّا تَذۡكِرَةٗ لِّمَن يَخۡشَىٰ , تَنزِيلٗا مِّمَّنۡ خَلَقَ ٱلۡأَرۡضَ وَٱلسَّمَٰوَٰتِ ٱلۡعُلَى , ٱلرَّحۡمَٰنُ عَلَى ٱلۡعَرۡشِ ٱسۡتَوَىٰ

Artinya: Thaahaa. Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah. tetapi sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah). yaitu diturunkan dari Allah yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi. (Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah. Yang bersemayam di atas 'Arsy.

Ayat ini diyakini memiliki kekuatan untuk meluluhkan hati orang yang keras, seperti yang dialami oleh Umar bin Khattab ketika mendengar ayat ini sebelum memeluk Islam. Kisah Umar bin Khattab, yang pada awalnya sangat memusuhi Nabi Muhammad namun akhirnya memeluk Islam setelah mendengar ayat-ayat tersebut, menjadi contoh nyata dari kekuatan doa ini.

Doa Nabi Daud: Selain surat Thaha, doa berikut juga dapat dijadikan usaha untuk memohon kepada Allah agar melunakkan hati seseorang. Doa ini pernah diucapkan oleh Nabi Daud untuk melunakkan besi dengan jarinya.

اللَّهُمَّ لَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ لَيِّنْتَ لِدَاْوُدَ الْحَدِيدْ Allahumma laiyinli qalbahu, laiyinta li Daudal hadid.

Artinya: Ya Allah, lembutkanlah hatinya sebagaimana Kamu melembutkan Daud (akan) besi.

Doa-doa tersebut merupakan bentuk usaha spiritual untuk meredakan hati orang yang marah dan memiliki watak keras, dengan harapan dapat menciptakan lingkungan yang penuh dengan keberkahan dan kedamaian. Wallahu a’lam.

Editor : Nasruddin

Follow Berita iNews Lutra di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut