get app
inews
Aa Read Next : Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Palopo Hadiri Wisuda Perwira Ahli Nautika Akademi Maritim

Dua Kelompok Tani di Palopo Terima Bantuan Alsintan Combine Harvester

Kamis, 07 Maret 2024 | 12:09 WIB
header img
Pj Wali Kota Palopo Serahkan Bantuan Alsintan Untuk Dua Kelompok Tani, (Foto Kominfo Palopo).

PALOPO, iNewsLutra.id - Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, telah menyerahkan dua unit alat dan mesin pertanian (Alsintan) berupa Combine Harvester Padi kepada dua Kelompok Tani (Poktan) di Kota Palopo

Kelompok Tani Bete-Bete di Kelurahan Murante, Kecamatan Mungkajang, dan kelompok tani di Kelurahan Pajalesang, Kecamatan Wara, masing-masing menerima satu unit Alsintan.

Asrul Sani menyampaikan selamat kepada kelompok tani penerima manfaat. Dia berharap bantuan ini dapat mempermudah kerja petani dalam mengolah lahan dan hasil-hasil pertanian.

Dengan bantuan ini, diharapkan para petani dapat mengurangi biaya produksi dan menghasilkan hasil pertanian yang melimpah dan berkualitas.

"Dengan adanya bantuan ini, kita berharap pertanian di Kota Palopo bisa meningkat," kata Asrul, Kamis (7/3/2024).

Asrul Sani memastikan kelayakan Alsintan dengan mencoba mengoperasikan Combine Harvester bantuan dari Kementerian Pertanian. Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan Kota Palopo, Muh. Ibnu Hasyim, mengatakan bantuan Alsintan berasal dari Kementerian Pertanian RI melalui APBN tahun 2024.

Penyerahan bantuan ini didasarkan pada Surat Keputusan Kementerian Pertanian RI, Direktorat Jenderal Ketahanan Pangan Nomor: B.96/CN.01/C.6.1 II Tahun 2024 tanggal 20 Februari 2024, tentang Pengadaan Alsintan Pasca Panen Tanaman Pangan Tahun 2024.

"Surat penetapan Kementerian Pertanian ini juga menetapkan Kelompok Tani Bete-Bete dan Kelompok Tani Bersama sebagai penerima bantuan Alsintan berupa Combine Harvester dengan tipe dan merek Bimo 102," kata Ibnu Hasyim.

Ibnu Hasyim berharap agar kelompok yang menerima bantuan dapat memanfaatkannya dengan baik dan tidak menjualnya.

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut