get app
inews
Aa Read Next : BLT di Luwu Utara Disalurkan

Segini Besaran Zakat Fitrah di Kabupaten Luwu Utara

Sabtu, 09 Maret 2024 | 20:27 WIB
header img
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat memimpin rapat penetapan besaran zakat fitrah. (Kominfo Luwu Utara)

MASAMBA, iNewsLutra.id - Pemerintah Kanbupaten (Pemkab) Luwu Utara telah menetapkan besaran zakat fitrah, zakat harta, infaq ibadah umroh, dan haji untuk tahun 2024. 

Keputusan ini diambil pada Rapat Persiapan Safari Ramadan yang dipimpin langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Jumat (8/3/2024).

Pemkab Luwu Utara menetapkan dua opsi untuk pembayaran zakat fitrah, untuk kecamatan yang berada di dataran rendah sebesar Rp. 40 ribu dan Rp. 42 ribu per orang.

Sedangkan di Kecamatan Seko, Rongkong, dan Rampi, besarnya ditetapkan sebesar Rp. 25 ribu per orang.

Adapun zakat harta rumah tangga disepakati disamakan dengan tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp. 50 ribu per Kepala Keluarga. 

Sedangkan untuk infaq ibadah umroh dan haji, besarnya ditetapkan masing-masing sebesar Rp. 100 ribu dan Rp. 500 ribu sekali pergi.

"Pemilihan besaran zakat yang berbeda di kecamatan terpencil ini disebabkan oleh perbedaan harga beras yang hanya sekitar Rp. 10-12 ribu per kilogram," ungkap Indah.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemda tentu juga akan melaksanakan Safari Ramadan di tiap kecamatan mulai Kamis, 14 Maret 2024," tambah bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Indah juga menjelaskan bahwa nantinya tim safari ramadan akan dibagi menjadi 3 tim sehingga dalam satu hari akan ada 3 kecamatan yang dikunjungi.

Dimana instansi seperti Kementerian Agama (Kemenag), Dewan Masjid Indonesia (DMI), RSUD Andi Djemma, bagian protokol, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Kemudian Badan Kontak Majelis Taklim (BKPRMI), Dinas Perhubungan, dan Persatuan Pemuda Muslimin Indonesia (Persamilra), masuk dalam tim 2 dan tim 3. 

"Silakan masing-masing membagi dan menentukan pejabat administrator untuk bergabung di ketiga tim yang telah dibentuk," pesan orang nomor satu di Luwu Utara tersebut.

Pada hari pertama Safari Ramadan, tim 1 yang dipimpin oleh Bupati Luwu Utara akan berkunjung ke Kecamatan Sabbang Selatan, tim 2 yang dipimpin oleh Wakil Bupati Luwu Utara akan menuju Kecamatan Tanalili.

Sementara tim 3 yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) akan mengunjungi Kecamatan Malangke.

Editor : Nasruddin

Follow Berita iNews Lutra di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut