get app
inews
Aa Read Next : Farid Kasim Judas Sembelih Lima Sapi Kurban untuk Lima Kecamatan di Palopo

Pelatihan UMKM dan Kurasi Produk Diharapkan Tingkatkan Ekonomi Palopo

Kamis, 30 Mei 2024 | 13:15 WIB
header img
Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk UMKM Palopo, (Foto Kominfo Palopo)

PALOPO,iNewsLutra.id - Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palopo, Nuryadin, menghadiri pembukaan pelatihan pemberdayaan UMKM dan kurasi produk yang diselenggarakan atas kerjasama antara Dinas Koperasi dan UMKM dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Acara ini berlangsung di Auditorium Saokote. Kamis, (30/05/2024).

Dalam sambutannya, Nuryadin berharap pelatihan pemberdayaan UMKM dan kurasi produk ini dapat menjadi awal kerjasama yang solid antara pelaku usaha bisnis ritel dan UMKM di Kota Palopo. Ia menekankan pentingnya kerjasama ini sebagai solusi atas permasalahan promosi dan pemasaran produk UMKM.

“Selama ini banyak persoalan dalam pemasaran produk. Semoga ke depan kita dapat memanfaatkan peluang ini untuk memperluas pasar produk UMKM, mengingat jaringan bisnis ritel Alfamart telah menasional,” ujarnya.

Nuryadin juga meminta kepada Kepala Dinas terkait agar pelatihan ini ditindaklanjuti dengan serius, direncanakan dengan baik, dilaksanakan secara efektif, dan dievaluasi secara menyeluruh.

“Saya tunggu laporan implementasi kemitraan UMKM di Palopo dengan Alfamart, serta capaian hasil yang baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Supiati, menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi pengembangan UMKM di Kota Palopo dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk UMKM, memperluas target pemasaran, serta menambah pengetahuan bagi pelaku usaha untuk mengembangkan produk agar lebih baik lagi.

Supiati menekankan pentingnya peningkatan wawasan pengelolaan bisnis dengan pendekatan ritel modern bagi produk-produk lokal. Hal ini sejalan dengan visi Pemerintah Kota Palopo dalam memberdayakan pengusaha kecil agar dapat berkembang.

“Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat memberikan kontribusi nyata dalam mendukung pemerintah pusat dalam memberdayakan pelaku UMKM agar produk UMKM bisa naik kelas, baik di tingkat daerah hingga tingkat nasional,” tutupnya.

Pelatihan ini diharapkan menjadi langkah awal yang efektif dalam mendorong UMKM di Kota Palopo untuk tumbuh dan bersaing di pasar nasional melalui kemitraan strategis dengan jaringan ritel besar seperti Alfamart.

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut