get app
inews
Aa Read Next : Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Palopo Hadiri Wisuda Perwira Ahli Nautika Akademi Maritim

Pemkot Palopo Cari Solusi Atasi Kenaikan Harga Pangan

Senin, 29 Juli 2024 | 14:40 WIB
header img
TPID Palopo Kembali Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Kemendagri (Foto : Kominfo Palopo)

PALOPO,iNewsLutra.id - Kenaikan harga sejumlah komoditas pangan menjadi tantangan bagi pemerintah daerah. Dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, Pemerintah Kota Palopo bersama pemerintah daerah lainnya mencari solusi untuk mengatasi masalah ini. , Senin (29/07/2024)

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tomsi Tohir, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) rutin Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang diikuti oleh TPID dari seluruh Indonesia menegaskan pentingnya menindaklanjuti materi yang disampaikan dalam setiap Rakor menjadi program kegiatan strategis, baik di tingkat pemerintah daerah maupun kementerian/lembaga (K/L).

"Kami berharap pemerintah daerah tidak bersikap reaktif seperti pemadam kebakaran yang hanya bertindak sesaat dalam mengendalikan inflasi," ujar Tomsi Tohir. Ia menekankan pentingnya perencanaan yang matang untuk mencegah kesalahan berulang dalam pengendalian inflasi. "Data pola grafik inflasi selama lima tahun terakhir menunjukkan kecenderungan yang serupa setiap tahun, ini harus menjadi dasar dalam perencanaan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS), Pudji Ismartini, memaparkan tinjauan inflasi dan indeks perkembangan harga hingga pekan ke-4 Juli 2024. Berdasarkan Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP), Pudji mengungkapkan bahwa beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan harga, seperti cabai rawit, minyak goreng, dan beras.

"Peningkatan harga komoditas ini terjadi di sejumlah daerah: 203 kabupaten/kota mengalami kenaikan harga cabai rawit, 174 kabupaten/kota mengalami kenaikan harga minyak goreng, dan 120 kabupaten/kota mengalami kenaikan harga beras," jelas Pudji Ismartini. Sementara itu, harga daging ayam ras dan cabai merah menunjukkan tren penurunan hingga minggu keempat Juli 2024.

Rakor ini turut dihadiri oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palopo, Raodatul Jannah, yang didampingi oleh Sekretaris Dinas Perindustrian, Kepala Bagian Perekonomian Setda, serta perwakilan instansi terkait dan BPS Kota Palopo.

https://palopokota.go.id/post/tpid-palopo-kembali-ikuti-rakor-pengendalian-inflasi-daerah-bersama-kemendagri

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut