get app
inews
Aa Read Next : Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Palopo Hadiri Wisuda Perwira Ahli Nautika Akademi Maritim

Pemkot Palopo Tingkatkan Kapasitas Penggiat P4GN

Jum'at, 26 Juli 2024 | 15:19 WIB
header img
Sosialisasi P4GN kepada 3 Kelurahan(Foto : Kominfo Palopo)

PALOPO,iNewsLutra.id - Pemerintah Kota Palopo serius dalam upaya memberantas penyalahgunaan narkoba. Salah satu langkah konkrit yang dilakukan adalah dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi penggiat Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari tiga kelurahan dan bertujuan untuk membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pencegahan narkoba. kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari, 25-26 Juli 2024.

Kepala BNN Kota Palopo, AKBP Herman, mengatakan bahwa penggiat P4GN memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba.

"Dengan adanya bimtek ini, diharapkan para peserta dapat menjadi agen perubahan di lingkungan masing-masing," ujarnya.

AKBP Herman menyebut kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan penggiat P4GN yang memiliki motivasi dan komitmen tinggi dalam menciptakan lingkungan yang bebas dari penyalahgunaan narkoba.

"Pembekalan diberikan kepada calon penggiat P4GN dengan materi seputar pencegahan, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi, hukum, serta keahlian untuk menyampaikan pesan anti narkoba dan menyusun rencana P4GN yang akan diimplementasikan di lingkungan masing-masing," kata AKBP Herman, Kepala BNN Kota Palopo.

Herman mengungkapkan hingga Juni tahun ini, sebanyak 50 orang telah melaporkan diri sebagai pecandu atau penyalahguna narkoba, sementara pada tahun 2023, jumlah tersebut mencapai 62 orang.

"Kami menjaga kerahasiaan pelapor dan tidak memproses hukum, kecuali jika ditemukan barang bukti atau terlibat jaringan pengedaran saat pengungkapan kasus. Selama masih bisa diobati, akan dilaksanakan rehabilitasi. Kami berharap sinergitas positif terus dilakukan demi mewujudkan Kota Palopo Bersih Narkoba (Bersinar)." ungkapnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo, Asrul Sani, memberikan apresiasi kepada BNN Kota Palopo atas inisiatif kegiatan tersebut. Asrul juga menekankan pentingnya perhatian para lurah dalam menangani masalah ini.

"Saya telah meminta untuk membentuk tim terpadu untuk penyalahgunaan narkoba, penanggulangan HIV/AIDS, dan masalah terkait lainnya," lanjutnya.

Asrul berharap agar seluruh 48 kelurahan di Kota Palopo berpartisipasi dalam Bimtek ini, bukan hanya beberapa kelurahan saja. Ia juga memberikan selamat kepada para penerima penghargaan nasional atas dedikasi dan kerja keras mereka dalam pemberantasan narkoba.

"Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus berjuang memberantas penyalahgunaan narkoba di Kota Palopo," tambahnya.

Kegiatan ini juga diwarnai dengan penyerahan piagam penghargaan dari Kepala BNN RI kepada para lurah atas komitmen dan jasa mereka dalam mewujudkan Indonesia Bersinar di bidang P4GN. Selain itu, dilakukan penyematan pin penggiat P4GN kepada para peserta.

https://palopokota.go.id/post/sosialisasi-p4gn-kepada-3-kelurahan

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut