get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu Luwu Utara Buka Rekrutmen Pengawas TPS, Muhajirin : Ini Persyaratannya.

Puskesmas Seko Tingkatkan Layanan dengan Energi Surya

Kamis, 27 Juni 2024 | 13:56 WIB
header img
Puskesmas Seko tingkatkan layanan denganenergi matahari, (Foto : Tangkapan layar).

MASAMBA,iNewsLutra.id - Puskesmas Seko terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan meskipun berada di daerah terpencil. Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengungkapkan Puskesmas Seko kini menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dalam memenuhi kebutuhan listrik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

"Sebelumnya, kami mengandalkan genset, tetapi biayanya sangat tinggi dan kapasitasnya tidak mencukupi untuk memastikan semua peralatan elektronik di puskesmas berfungsi, karena rata-rata memerlukan daya tinggi," ujar Indah.

"Oleh karena itu, Pemda Luwu Utara melalui Dinas Kesehatan mengadakan panel surya yang mengandalkan tenaga matahari. Ini adalah bagian dari upaya kami dalam mendorong penggunaan energi ramah lingkungan," tambah bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan ini saat kunjungan kerja di Kecamatan Seko pada Rabu hingga Kamis (26-27 Juni 2024).

Indah menyampaikan sejak PLTS difungsikan, Puskesmas Seko selalu terang. Semua peralatan kesehatan yang membutuhkan listrik berfungsi dengan baik. Ketidakstabilan listrik bisa merusak alat kesehatan dan memperpendek masa pakainya.

"Pelayanan sangat terbantu karena sebelumnya, saat beban puncak, turbin berfungsi seperti lampu disko. Namun, sejak menggunakan PLTS, alhamdulillah stabil, dan tenaga kesehatan kami lebih tenang serta nyaman, begitu juga dengan masyarakat yang menerima layanan," jelasnya.

"Kami terus mencari teknologi yang mudah dan terjangkau, terutama di daerah yang belum dijangkau oleh PLN. Seko masih bergantung pada turbin dan PLTMH dengan kapasitas terbatas," ungkap Indah yang juga menyempatkan diri menjenguk pasien di ruang perawatan.

Indah berharap Pemda dapat terus melakukan perbaikan layanan, khususnya layanan kesehatan.

"Di Puskesmas ini kami juga sudah membangun fasilitas rumah bagi tenaga kesehatan, namun perlu tambahan ruang perawatan karena kesadaran masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan semakin baik. Dengan jarak yang jauh dari kota, kapasitasnya masih perlu ditingkatkan," pungkas Indah didampingi Kepala Puskesmas Seko, Yan Sudirman.

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut