get app
inews
Aa Read Next : FKJ-NUR dan Ribuan Emak-emak Palopo Riang Gembira dalam Zumba Party

Transformasi Menuju Kesejahteraan, FKJ Nur Tawarkan BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Biaya

Rabu, 18 September 2024 | 18:44 WIB
header img
FKJ Nur, (Foto: tim media).

PALOPO,iNewsLutra.id - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Palopo, Farid Kasim Judas dan Nurhaenih (FKJ-Nur), mengusung program inovatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Selain memberikan program BPJS kesehatan gratis mereka kembali berkomitmen memberikan BPJS Ketenagakerjaan secara gratis bagi ribuan pekerja informal, sebagai bentuk dukungan nyata terhadap perekonomian lokal. 

Dengan inisiatif ini, FKJ-Nur bertujuan memberikan perlindungan jaminan sosial bagi pekerja seperti petani, nelayan, tukang ojek, tenaga honorer, pekerja bengkel, buruh, karyawan counter HP, pelaku usaha UMKM, karyawan sektor swasta dan lainnya.

Program ini diyakini dapat membantu masyarakat menghadapi risiko kecelakaan kerja dan memberikan jaminan bagi keluarga yang ditinggalkan. Hal ini sejalan dengan program pengentasan kemiskinan.

FKJ, begitu Farid Kasim Judas akrab disapa, menyebut program BPJS Ketenagakerjaan bagi masyarakat Kota Palopo ini, merupakan bentuk perhatian dan support dari pemerintah daerah, jika duet FKJ-Nur diberi amanah memimpin Kota Palopo.

"FKJ-Nur akan memberikan BPJS Ketenagakerjaan kepada warga Kota Palopo, sebagai jaminan dalam bekerja  dan mencari nafkah. Jika nantinya ada tukang ojek, pekerja bengkel, ataupun nelayan yang mengalami kecelakaan kerja, maka dijamin asuransinya. Atau ada yang meninggal dunia, maka keluarganya akan mendapatkan jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan," kata FKJ, Rabu (18/9/2024).

Alumnus doktor bidang hukum dari UMI Makassar menyebut program BPJS Ketenagakerjaan dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat, dimana warga akan didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan tidak lagi memikirkan iuran setiap bulan karena akan dibayarkan oleh pemerintah daerah.

“Bila sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, para pekerja informal akan mendapatkan perlindungan berupa jaminan kematian dan jaminan kecelakaan kerja,” terangnya.

Menurutnya dalam realitas keseharian, acap kali ditemukan kondisi yang sangat memprihatinkan di saat keluarga tidak mampu kehilangan orang yang menjadi tulang punggung keluarganya. Ada juga yang kehilangan sumber penghidupan dikarenakan orang yang menafkahi kehilangan pekerjaan karena mengalami kecelakaan.

"Kondisi seperti inilah yang kami pikirkan sehingga memunculkan gagasan baru untuk memberikan program yang bisa dirasakan secara langsung oleh setiap masyarakat," tuturnya.

Dengan mendaftar sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan, minimal bisa meringankan beban para peserta dan keluarganya dalam menghadapi situasi yang tidak mereka inginkan.

"Program BPJS Ketenagakerjaan ini akan sangat membantu para pekerja informal," katanya. 

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut