Palopo Solid Amankan Pesta Demokrasi 2024

M. Qiral
Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Pallawa 2024-2025 (Foto : Kominfo Palopo)

PALOPO,iNewsLutra.id - Kota Palopo menunjukkan kesiapannya dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Hal ini terlihat dari pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Pallawa yang berlangsung meriah pada Rabu (31/07/2024).

Seluruh personel gabungan TNI-Polri dan instansi terkait siap menjaga jalannya pesta demokrasi lima tahunan ini. Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusivitas Kota Palopo agar pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan aman, damai, dan lancar.

“Saya tegas dan menekankan kepada seluruh ASN di Kota Palopo agar senantiasa netral. Kalau ada yang tidak netral, tentu sebagai Pj. Wali Kota saya akan bertindak tegas,” kata Asrul Sani.

Asrul menambahkan, dirinya tidak akan mentolerir kepada para ASN yang terbukti melakukan pelanggaran terkait netralitas. Pada apel itu, Kapolres Kota Palopo memeriksa pasukan dan memasang pita kepada perwakilan pasukan operasi. Seusai Apel gelar pasukan, dilanjutkan dengan show force keliling Kota Palopo.

Sementara Kapolres Kota Palopo, AKBP. Safi’i Nafsikin, menyampaikan  amanat Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen. Pol. Andi Rian R Djajadi, untuk bersedia mengamankan jalannya Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024/2025.

"Sebagai bagian dari tanggung jawab kami sebagai aparat keamanan, kami memastikan seluruh rangkaian proses demokrasi berjalan dengan aman, tertib, dan lancar," kata AKBP. Safi’i Nafsikin.

AKBP. Safi’i juga menyoroti pelaksanaan tugas yang akan lebih menantang karena Pilkada serentak ini merupakan yang pertama kali diadakan di wilayah Sulawesi Selatan.

"Melihat pentingnya peran kami, seluruh elemen yang terlibat diharapkan berpartisipasi aktif dalam mensukseskan Pilkada serentak di Sulawesi Selatan," tambahnya.

Pilkada serentak tahun 2024 memiliki kompleksitas tersendiri, dilaksanakan secara bersamaan dengan cakupan wilayah yang luas dan beragam geografis, serta melibatkan jumlah pemilih yang besar dari berbagai latar belakang.

"Oleh karena itu, guna menjaga keamanan Pilkada serentak di Sulawesi Selatan, Polda Sulsel dan jajarannya, didukung oleh TNI, instansi terkait, dan mitra Kamtibmas lainnya, melaksanakan Operasi Mantap Praja Pallawa 2024-2025," jelas AKBP. Safi’i.

Operasi ini akan berlangsung selama 138 hari, mulai dari 1 Agustus 2024 hingga 16 Desember 2024, dengan melibatkan 12.145 personil di seluruh wilayah Polda Sulawesi Selatan. Polda Sulsel juga telah membentuk pola pengamanan dengan sistem rayonisasi untuk personil Satuan Brimob, yang terbagi dalam empat rayon: Rayon Makassar, Rayon Pare-Pare, Rayon Bone, dan Rayon Palopo.

"Polda Sulsel juga menyiapkan 175 personil Brimob sebagai power of hand Kapolda, yang siap dimobilisasi kapanpun dan di manapun di seluruh wilayah Sulawesi Selatan," tambahnya.

Sebagai bagian dari upaya mendukung keamanan Pilkada serentak di Sulawesi Selatan, Polda Sulsel telah melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KYT), termasuk sistem pendinginan (cooling system) untuk mengantisipasi potensi polarisasi akibat berita hoaks, isu SARA, propaganda, dan kampanye hitam serta gangguan Kamtibmas lainnya, terutama menjelang pelaksanaan tahapan inti Pilkada serentak 2024.

https://palopokota.go.id/post/apel-gelar-pasukan-operasi-mantap-praja-pallawa-2024-2025

Editor : Nasruddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network