20 Tahun Vakum, Mahasiswa KKN IAIN Palopo Hidupkan Kembali Perayaan Maulid Nabi di Desa Kalpataru

M. Qiral
Maulid Nabi Muhammad SAW, (Foto : Sindi Syarifuddin).

PALOPO, iNewsLutra.id - Setelah dua dekade vakum, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari IAIN Palopo berhasil menghidupkan kembali perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Kalpataru, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Senin (23/9/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dengan kolaborasi erat bersama aparat desa. Dengan semangat yang tinggi, para mahasiswa berkoordinasi dengan berbagai elemen masyarakat untuk merencanakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memperkuat ukhuwah Islamiyah di kalangan masyarakat desa serta antara mahasiswa dan warga setempat. Sebelumnya, para mahasiswa melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kuis dan lomba bunga male antar dusun.

Kepala Desa Kalpataru, sampe tunggala, menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan ini setelah 20 tahun. 

"Ini adalah momen yang sangat dinantikan, akhirnya terlaksana berkat inisiatif tinggi adik-adik KKN," ungkapnya.

Kegiatan Maulid Nabi juga mendapatkan sambutan positif dari pemerintah kecamatan Tomoni.

"Senang sekali bisa hadir dan merayakan peringatan Maulid di sini. Semua ini berkat usaha tokoh masyarakat dan mahasiswa KKN yang berinisiatif tinggi." Kata Catur Dian Sintawati, Camat Tomoni.

Warga berharap agar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dapat menjadi tradisi tahunan, serta mengapresiasi para mahasiswa KKN IAIN Palopo yang membawa dampak positif bagi penguatan silaturahmi dan nilai-nilai keagamaan di tengah masyarakat.

Editor : Nasruddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network