get app
inews
Aa Read Next : Masyarakat Tolak Pertambangan di Blok Tanamalia, Begini Tanggapan PT Vale

PT Vale Dinilai Berkontribusi terhadap Desa Matano

Minggu, 18 Desember 2022 | 16:14 WIB
header img
Kades Matano, Jumahir, (foto: Andi Makkasau)

LUTIM, iNewsLutra.id, - PT. Vale Indonesia dinilai berkontribusi besar terhadap Desa Matano, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur.

Demikian diungkapkan Kepala Desa (Kades) Matano, Jumahir kepada wartawan, Minggu (18/12/2022).

"Kehadiran PT. Vale di Sorowako selama lima dekade atau 53 tahun sangat kami rasakan dampak positifnya," ungkap Jumahir.

Menurutnya, banyak kontribusi PT. Vale di Desa ini, mulai dari bantuan papan bicara dan bantuan pengembangan wisata.

Atas bantuan itu kata Jumahir, Alhamdulillah Desa kami berhasil meraih juara dua se Indonesia kategori kelembagaan pada Anugrah Desa Wisata Indonesia, baru-baru ini.

Tidak hanya itu lanjutnya, PT. Vale juga melatih ibu-ibu pada kegiatan Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB).

"Jadi para ibu-ibu di Desa ini sudah beralih dikegiatan bercocok tanam sayur mayur dengan pola organik yang tentunya didampingi langsung PT. Vale," katanya.

Disinggung soal dampak lingkungan akibat aktivitas pertambangan PT. Vale di Sorowako kata Jumahir, sejauh ini kami belum merasakan dampak.

"Coba kita lihat Danau Matano sejak dulu sampai saat ini masih tetap terlihat jernih sekalipun lokasi pertambangan PT. Vale tidak terlalu jauh dari Danau," terangnya.

"Itu artinya PT. Vale Indonesia sangat menjaga dan peduli dengan lingkungan," sambungnya lagi.

Meski begitu, kami juga berharap agar PT. Vale tetap mempertahankan kemitraan dengan Desa kami melalui komunikasi yang baik.

"Alhamdulillah, kemarin kami sudah bicarakan dengan pihak eksternal PT. Vale dan akan membantu kami untuk membangun aula," bebernya.

Kedepan banyak hal yang akan kami bicarakan dengan PT. Vale salah satunya adalah bersama-sama membangun dan mengembangkan Desa Wisata Matano.

"Dengan harapan objek wisata menjadi salah satu sumber ekonomi masyarakat Desa Matano," harapnya.

Editor : Nasruddin

Follow Berita iNews Lutra di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut