get app
inews
Aa Read Next : Farid Kasim Judas Kembalikan Formulir Partai Demokrat dan PDIP sebagai Bakal Calon Wali Kota Palopo

Berikut Atlet Pebulu Tangkis Putri Tirai Bambu Dibuat Tak Berkutik Susy Susanti, No 1 Jadi Kawan

Rabu, 19 Juli 2023 | 21:01 WIB
header img
Susy Susanti (Foto : Okezone)

JAKARTA, iNewsLutra - Tiga atlet pebulu tangkis asal Negeri Tirai Bambu dibuat tak berkutik oleh Susy Susanti. dari tiga nama tersebut tiga diantaranya kini menjadi kawan setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Atlet Susy Susanti merupakan legenda bulu tangkis Indonesia di sektor tunggal putri, Susy Susanti dikenal memiliki teknik tembakan elegan yang didukung dengan pergerakan yang cepat.

Susy Susanti merupakan peraih medali emas pertama Indonesia pada Olimpiade. karena kesuksesannya itu, ia mendapat julukan sebagai salah satu pemain tunggal putri terhebat sepanjang masa.

Ia memutuskan pensiun dari dunia bulu tangkis pasca melangsungkan pernikahan dengan Alan Budikusuma (yang juga pernah meraih medali emas tunggal bulu tangkis di Olimpiade Musim Panas 1992) pada Februari 1997.

Sekedar diketahui, Susy Susanti meraih medali perunggu pada Olimpiade 1996 di Atlanta, Amerika Serikat dan medali emas pada Olimpiade 1992 di Barcelona.

karena bakatnya itu, Susy Susanti menjadi satu-satunya pemain wanita yang maraih gelar tunggal Olimpiade, Kejuaraan Dunia All England secara bersamaan.

Menariknya, ia sukses membuat tiga pebulu tangkis asal China tak berkutik setiap berhadapan dengannya. Lantas, siapa sajakah mereka?

1. Huang Hua

Huang Hua Dia pernah memenangkan Piala Dunia Bulu Tangkis 1991 dan peraih medali perunggu di Barcelona 1992 Olimpiade. saat ini, ia masih menjadi pemain tunggal putri China dengan berbagai gelar singelnya dianranya, Swedia (1990), Thailand (1990), Malaysia (1990, 1992), Korea (1991), Singapura (1991), Jepang (1990, 1991), serta Tiongkok (1991) Open. 

Namun, saat berhadapan dengan Susy Susanti, Huang Hua kerap dibuat tak berdaya. Dari 13 pertemuan, Huang Hua hanya bisa merebut kemenangan 4 kali saja dan sembilan kekalahan. Saat ini, Huang Hua memutuskan menjadi WNI, ia Bahkan Huang Hua mengundang Susy ke pernikahan putranya.

Editor : Nasruddin

Follow Berita iNews Lutra di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut