get app
inews
Aa Read Next : Gudang Solar Ilegal Milik AKBP Achiruddin Digeledah Polda Sumut Hasilnya Bikin Geleng-geleng

Pertamina Menggelar Simulasi Penanganan Keadaan Darurat Level 1 di Fuel Terminal Palopo

Kamis, 02 November 2023 | 18:36 WIB
header img
Simulasi terbakarnya Tangki Timbun BBM di Fuel Terminal (FT) Palopo, (Foto: Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi).

PALOPO,iNewsLutra.id - Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi telah sukses menyelenggarakan simulasi Organisasi Keadaan Darurat (OKD) Level 1 dengan simulasi skenario terbakarnya Tangki Timbun BBM di Fuel Terminal (FT) Palopo. Selasa, (31/10/2023).

Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah strategis dalam peningkatan keselamatan, keamanan, serta kewaspadaan menghadapi potensi risiko.

Chikara Priyandhini Kaurow, Fuel Terminal Manager BBM Palopo, mengungkapkan simulasi OKD ini bertujuan untuk meningkatkan aspek Health, Safety, Security & Environment (HSSE) di lingkungan Pertamina, sambil melibatkan pemangku kepentingan yang relevan.

"Pertamina Patra Niaga khususnya di Regional Sulawesi selalu memastikan kehandalan sarana dan fasilitasnya serta berkomitmen menyalurkan energi kepada masyarakat dalam pendistribusian BBM. Dengan seringnya simulasi yang kami lakukan, kami berharap masyarakat tidak perlu khawatir dengan keberadaan Fuel Terminal Palopo, kami peduli dengan kondisi sekitar dan kami akan secara kontinyu melakukan antisipasi pengamanan keadaan darurat," ucap Chikara Priyandhini Kaurow, usai menggelar simulasi.

Dalam proses simulasi, berbagai skenario realistis dieksplorasi, termasuk situasi terbakarnya fasilitas Tangki Timbun BBM di FT Palopo. Pada simulasi kebakaran yang terjadi pada pukul 08.50 pagi, prosedur Health Safety Security & Environment (HSSE) diterapkan dengan sukses sehingga api berhasil dipadamkan pada pukul 10.30 dan keadaan kembali aman serta terkendali.

Kegiatan OKD tersebut kemudian dielevasi ke tingkat Regional Sulawesi yang berkantor di Kota Makassar. Tingkat ini melibatkan koordinasi dengan berbagai fungsi terkait di bawah komando Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi sebagai Emergency Response Commander (ERC), untuk memastikan koordinasi yang efisien dalam menghadapi situasi darurat di Fuel Terminal Palopo.

Editor : Nasruddin

Follow Berita iNews Lutra di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut