get app
inews
Aa Read Next : Luwu Utara Raih Prestasi Gemilang, Jadi Kabupaten Terbesar Kedua Penerima Program Redistribusi Tanah

Kenali Beragam Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan

Selasa, 12 Desember 2023 | 01:05 WIB
header img
Kenali ragam manfaat daun meniran yang ternyata baik bagi kesehatan. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA,iNewsLutra.id - Daun meniran, atau phyllanthus urinaria, adalah jenis tanaman dengan batang berbentuk bulat tegak lurus. Tanaman ini tersebar di berbagai negara beriklim tropis, termasuk Indonesia, dan dapat tumbuh hingga 50 sampai 80 sentimeter.

Daun meniran memiliki khasiat kesehatan berkat kandungan fitonutrien, seperti flavonoid, hypophyllanthin, dan phyllanthin. Cara mengonsumsinya cukup mudah, yaitu dengan membuat air rebusan atau teh daun meniran.

Berikut adalah beberapa manfaat daun meniran yang perlu diketahui:

Mencegah Serangan Asam Urat: Konsumsi meniran diyakini dapat mencegah serangan asam urat, meski manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Menjaga Keseimbangan Gula Darah: Kandungan antioksidan dalam daun meniran dapat menjaga keseimbangan kadar gula darah, mendukung proses pengobatan diabetes. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya, terutama untuk pencegahan diabetes.

Menurunkan Tekanan Darah: Daun meniran dapat membantu menurunkan tekanan darah karena mengandung zat yang melebarkan pembuluh darah. Meski demikian, manfaat ini perlu penelitian lebih lanjut, terutama bagi mereka yang mengidap tekanan darah tinggi.

Editor : Nasruddin

Follow Berita iNews Lutra di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut