get app
inews
Aa Read Next : Pj Asrul Sani Dorong Peningkatan Produksi Pertanian di Palopo

Pj Wali Kota Palopo Serahkan Mobil Compactor untuk Optimalisasi Pengelolaan Sampah

Jum'at, 31 Mei 2024 | 13:09 WIB
header img
Dinas Lingkungan Hidup Terima Mobil Bak Compactor Sampah, (Foto : Kominfo Palopo)

PALOPO,iNewsLutra.id - Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, secara resmi menyerahkan mobil bak compactor sampah kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palopo dalam sebuah acara di halaman Kantor DLH Kota Palopo pada Jumat (31/05/2024).

Penyerahan ini merupakan bagian dari komitmen Asrul Sani untuk terus meningkatkan kemampuan kota dalam menangani sampah, mengingat masalah persampahan adalah salah satu persoalan paling mendesak di Palopo selain lalu lintas dan penataan ruang.

Asrul Sani menekankan pentingnya pengelolaan sampah yang efektif seiring dengan meningkatnya produksi sampah di kota. “Produksi sampah terus meningkat, jadi kita telah mengeluarkan surat edaran tentang cara memilah sampah mulai dari rumah tangga,” ujarnya.

Meski menyadari tantangan dalam mengubah kebiasaan masyarakat, Asrul optimis bahwa perubahan dapat dilakukan untuk menjaga keindahan Kota Palopo di masa mendatang. “Karena armada kita terbatas, tenaga terbatas, sehingga kita sangat perlu mengatur jam berapa armada mengangkut sampah, jangan sampai kita telah lewat mengambil sampah, tapi masih ada yang membuang. Sehingga kemungkinan itu yang bertumpuk di jalan,” tambahnya.

Asrul juga berharap agar penanganan sampah di kota dapat lebih dimaksimalkan di masa depan, dengan rencana penambahan armada pengangkut sampah sebagai salah satu upaya peningkatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, Emil Nugraha, mengapresiasi penyerahan mobil compactor sampah yang merupakan pengadaan tahun 2024. “Ini merupakan pengadaan pertama di Dinas Lingkungan Hidup, karena pengelolaan sampah adalah tugas utama kami,” kata Emil.

Emil juga menyebutkan bahwa Kota Palopo berhasil meraih piala Adipura pada tahun 2023 sebagai penghargaan atas kebersihan kota. “Terima kasih atas dukungan, masukan, dan saran Pj. Wali Kota Palopo, sehingga kita bisa mempertahankan kembali piala Adipura ini,” ujarnya.

Mobil compactor yang diserahkan telah diperiksa dan memenuhi seluruh kelengkapan administrasi, mulai dari sistem pengadaan hingga persyaratan lainnya.

“Alhamdulillah semua sudah terpenuhi. Semoga ke depannya, mobil ini dapat kita manfaatkan sehingga pengelolaan persampahan di Kota Palopo dapat lebih kita maksimalkan lagi,” tutup Emil.

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut