get app
inews
Aa Read Next : Palopo Solid Amankan Pesta Demokrasi 2024

Sekda Kota Palopo Buka Rakor Pengelolaan DTKS Menggunakan SIKS-NG

Senin, 03 Juni 2024 | 13:37 WIB
header img
3. Hasil Analisis Data Pengukuran Stunting Tingkat Kota Palopo Menurut Data e-PPGBM 2023, (Foto Kominfo Palopo)

PALOPO,iNewsLutra.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Firmanza DP, membuka Rapat Koordinasi (Rakor) pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG), di Auditorium SaokotaeE, Rumah Jabatan Wali Kota Palopo, Senin, (3/6/2024).

Firmanza menegaskan tugas pemerintah adalah melindungi, melayani, dan memajukan kesejahteraan masyarakat. Berbagai langkah dan upaya perlu dilakukan secara terencana, optimal, dan berkelanjutan dalam penyediaan DTKS.

“Keberhasilan program penanggulangan kemiskinan tidak hanya bergantung pada penerapan program yang inovatif, tetapi juga harus didukung dengan ketersediaan data riil mengenai kondisi masyarakat yang hidup dalam keterbatasan ekonomi,” jelasnya.

Rakor ini dihadiri oleh Sekda, Kepala Dinas Sosial, para Camat, Lurah, operator DTKS Kelurahan, serta para pilar sosial Kota Palopo.

Kepala Dinas Sosial Kota Palopo, Zulkifli Halid, menyatakan DTKS merupakan instrumen penting untuk mengusulkan bantuan sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), dan bantuan sosial lainnya.

“Ranah paling bawah, yakni di Kelurahan, memberikan data yang benar dengan kualitas verifikasi dan validasi data yang terus ditingkatkan,” kata Zulkifli.

Jika data yang diberikan sesuai dan valid, lanjut Zulkifli, maka tidak ada masalah. Namun, jika data yang dimasukkan tidak sesuai, maka tanggung jawab ada di tingkat paling bawah.

“Bukan hanya sekadar di atas meja, namun data harus dilengkapi dengan foto, berita acara, dan kelengkapan lainnya. Ini benar-benar menjadi peringatan bagi kita semua dalam mengusulkan data sosial,” ungkapnya.

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut