Kemensos RI Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Tanah Longsor di Luwu Utara

M. Qiral
Foto Kominfo Luwu Utara

MASAMBA,iNewsLutra.id - Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) melalui Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Makassar dan beberapa sentra lainnya, menyalurkan bantuan senilai Rp411.994.450 untuk korban banjir dan tanah longsor di Kabupaten Luwu Utara. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Jumat, (26/4/2024).

Bupati Indah Putri mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kemensos atas respons cepat dalam menghadapi bencana di Luwu Utara. Indah menjelaskan pentingnya bantuan ini bagi korban bencana yang meliputi berbagai kebutuhan, tidak hanya bantuan bahan makanan.

"Biasanya, perhatian hanya tertuju pada bantuan alamiah, padahal kebutuhan yang dihadapi para penyintas sangat beragam," tambahnya.

Selain bantuan dari Kemensos, bantuan juga diterima dari Badan Bank Tanah, Pertamina, Kantor Wilayah BPN Sulawesi Selatan, Kantor Pertanahan Kota Palopo, dan Kantor Pertanahan Luwu Utara.

Indah menekankan perlunya penanganan jangka panjang dalam mengatasi dampak bencana di Luwu Utara, bukan hanya respons darurat.

"Penanganan ini tidak hanya menanggapi masalah sesaat, tetapi juga mencakup aspek hulu sampai hilir. Sedimentasi yang tinggi menuntut penanganan menyeluruh. Kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan langkah-langkah yang tepat," jelas Indah.

Mulyadi, perwakilan Sentra Gau Mabaji Gowa, menambahkan Kemensos memberikan perhatian khusus terhadap Luwu Utara, termasuk layanan psikososial dan pelatihan bagi korban, terutama anak-anak sekolah.

"Bantuan ini tidak hanya berupa materi, tetapi juga dukungan untuk pemulihan mental pasca bencana, terutama bagi anak-anak," ucap Mulyadi.

Editor : Nasruddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network