get app
inews
Aa Read Next : Selamatkan Jenazah Istri, Seorang Suami di Luwu Berduel Piton Hingga ke Semak-Semak

Kolaborasi KKIK-ITB dan Masmindo untuk Pengabdian Masyarakat dan Inovasi di Luwu

Kamis, 29 Juni 2023 | 17:39 WIB
header img
Kolaborasi KKIK-ITB dan Masmindo, (Foto : Humas Masmindo)

BELOPA,iNewsLutra.id - PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) kembali menunjukkan komitmen dan inisiatifnya dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Luwu.

Kali ini Masmindo berkolaborasi dengan Kelompok Keahlian Ilmu-ilmu Kemanusiaan Institusi Teknologi Bandung (KKIK-ITB) untuk sejumlah implementasi Program Pengabdian Masyarakat dan Inovasi (PPMI) yang berlangsung selama 24 sampai 27 Juni 2023.

Dalam pelaksanaannya, Tim KKIK-ITB menurunkan 9 orang tim dengan berbagai latar keilmuan dan keahlian berbeda. Dengan fasilitasi dan dukungan Masmindo, Tim KKIK-ITB telah melaksanakan sejumlah kegiatan pengabdian masyarakat.

Kegiatan tersebut meliputi pelatihan dan identifikasi potensi branding Kopi Luwu, workshop strategi marketing dan sertifikasi halal UMKM kuliner, kunjungan dan dialog tentang integrasi eco-pesantren dalam pendidikan ponpes, kuliah tamu dan sharing session di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andi Djemma Palopo, workshop dan diskusi tentang pemetaan warisan Budaya Luwu serta Dialog dan diskusi potensi Luwu dengan sejumlah instansi terkait di lingkungan Pemkab Luwu.

Dalam kegiatan identifikasi pada Sabtu 24/06 dan Minggu 25/06, telah diberikan pelatihan dengan 2 materi pokok yakni tentang pemasaran kopi yang berkelanjutan dan materi tentang SOP budidaya tanaman dan penanganan pascapanen. 

Kegiatan pelatihan diikuti sekitar 30 peserta dari 3 kelompok petani kopi yang berasal dari dua desa yakni Desa Boneposi dan Desa Tolajuk Kecamatan Latimojong. 

Selama kunjungan, Tim ITB melakukan pemetaan wilayah dan komoditas perkebunan (dengan drone), serta pengambilan sejumlah sampel tanah dan biji kopi untuk dianalisa ITB lebih lanjut. 

Sementara kegiatan Workshop UMKM Kuliner di Hotel Belia Belopa, Senin 26/06, menyajikan 2 materi pokok tentang strategi marketplace dan proses sertifikasi halal.

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut