get app
inews
Aa Read Next : Sekda Palopo Sambut Hangat Ratusan Wisatawan Mancanegara

Keputusan Pj Wali Kota untuk Menghapus Anggaran Satgas Kota Menuai Pro dan Kontra

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 19:56 WIB
header img
Pj Wali Kota Palopo, (Foto: Humas Pemkot Palopo).

Ketua RW 3 Kelurahan Surutanga Kecamatan Wara Timur, Rusli mengungkapkan, selama ini satgas yang dibentuk oleh Judas Amir saat menjabat Wali Kota banyak membantu kegiatan masyarakat dan kegiatan pemerintahan di tingkat kelurahan.

"Mereka ini (satgas) aktif menjalankan tupoksinya. Turun ke got membersihkan. Ada tumpukan sampah, satgas yang bergerak. Satgas ambil mobil kelurahan lalu membawanya ke lokasi pembuangan sampah. Jadi kita kecewa kalau ini dihentikan atau insentifnya tidak dibayarkan," Rusli dilansir dari Lini Sulsel.

Di sisi lain, beberapa kalangan menilai langkah yang diambil oleh Pj Wali Kota dapat meningkatkan efisiensi penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palopo.

Isnul Ar Ridha, Koordinator Aliansi Pemuda Merdeka, mengungkapkan pendapatnya mengenai Satgas Kota yang terdiri dari 20 anggota di setiap kelurahan.

Isnul berpendapat bahwa keberadaan Satgas Kota hanya menambah beban APBD tanpa memberikan dampak positif yang nyata kepada masyarakat. Anggaran insentif yang diberikan kepada Satgas bisa dialokasikan ke sektor-sektor lain yang lebih bermanfaat seperti anggaran untuk petugas kebersihan yang bekerja di lapangan dan memberikan dampak yang lebih langsung kepada masyarakat.

“Menurut saya, anggaran insentif ini bisa dialokasikan, misalnya, untuk para petugas kebersihan yang memberikan dampak yang lebih nyata daripada harus mengalokasikan dana untuk Satgas Kota yang dianggap tidak memberikan manfaat positif kepada masyarakat," katanya.

Sebagai informasi tambahan, Satgas ini sebelumnya menerima insentif sebesar Rp 150 ribu per bulan per anggota, sehingga totalnya mencapai Rp 3 juta per kelurahan setiap bulan. Dalam setahun, jumlah insentif ini mencapai Rp 36 juta per kelurahan, dan jika dikalikan dengan 48 kelurahan, jumlahnya mencapai Rp 1,7 miliar per tahun.

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut