get app
inews
Aa Read Next : PA Lutim Cetak 588 Janda Sepanjang Tahun 2023, Mendominasi di Malili

Pj Gubernur Sulsel Ajak Masyarakat Lutim Tanam Pisang Cavendish

Kamis, 04 Januari 2024 | 23:07 WIB
header img
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat kunker di Luwu Timur, (Foto: Andi Makkasau)

LUTIM, iNewsLutra.id, - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengajak masyarakat Kabupaten Luwu Timur untuk menanam pisang cavendish dengan jumlah yang banyak agar dapat dirasakan hasilnya.

Demikian diungkapkan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin usai melakukan kegiatan gerakan menanam pisang cavendish di Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Kamis (4/1/2024).

Dikunjungan kerja tersebut, Pj Gubernur juga meminta untuk menanam durian, sawit, cengkeh, baik dari segi peternakan seperti sapi dan perikanan harus dikembangkan, karena Luwu Timur ini mempunyai tanah yang subur, lahan yang luas untuk beternak, dan salah satu penghasil ikan yang banyak, ucapnya.

Lanjutnya, kita menganggarkan dalam jumlah besar beli bibit-bibit yang bagus kita inseminasi jadi bisa dibantu untuk melakukan pembuahan lebih cepat secara massal, jadi kalau punya sapi saya pastikan bisa dilakukan inseminasi secara gratis dan untuk tahun ini anggarannya besar sekali saya anggar.

"Termasuk juga perikanan darat seperti bibit ikan nila kami bagi banyak sekali, kalau punya kolam-kolam besar serti danau yang kecil bisa saja kami nanti bantu bibit ikan termasuk yang lainnya," ujarnya.

Intinya kata dia, bikin usaha yang menghasilkan tidak sekadar tanam tapi mempunyai nilai hasil maka dia masuk dalam skala bisnis dalam satu kabupaten tidak boleh misalnya tanam 10 pohon 100 pohon itu tdk bernilai bisnis jadi harus tanam yang banyak seperti 1 juta pohon atau 2 juta pohon.

"Mendukung kegiatan itu, kami juga sudah siapkan dana KUR 6 persen pertahun dibayarnya setelah panen, jaminannya tidak perlu sertifikat yang jamin usaha itu sendiri, tapi itu harus di assesment oleh tim cara bayarnya kita sudah lakukan kontrak parmin," terangnya.

Jadi yang dapat KUR itu tambahnya, pasti ada kontrak permin maksud kontrak parmin itu kita tanam ini hari sudah jelas pembelinya 7 bulan kedepan harganya juga sudah ada mau banjir buah itu sampai 3 tahun kedepan sudah ada harganya, inilah yang disebut usaha tanaman bisnis.

Editor : Nasruddin

Follow Berita iNews Lutra di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut