get app
inews
Aa Read Next : Bupati Luwu Utara Dukung Ekonomi Ekologis dalam Perayaan Paskah

Pemda Luwu Utara Berkomitmen Kembangkan Potensi Kakao

Rabu, 31 Januari 2024 | 16:19 WIB
header img
Indah Putri Indriani saat menghadiri Sosialisasi Hasil Studi ACTIVE, (Foto Kominfo Lutra).

MASAMBA,iNewsLutra.id - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menunjukkan komitmen berkelanjutan dalam meningkatkan potensi kakao di wilayahnya, khususnya di area perhutanan sosial. Hal ini terwujud melalui kerjasama strategis antara Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bappeda) Luwu Utara dan USAID ACTIVE (Advancing Cocoa Agroforestry Towards Income Value and Environmental sustainanility) di Aula La Galigo, Rabu (31/01/2024).

Sosialisasi Hasil Studi ACTIVE mengenai Potensi Kakao di Area Perhutanan Sosial Luwu Utara menjadi langkah awal yang krusial dalam menggali lebih dalam potensi kakao di Luwu Utara.

Workshop ini membuka peluang untuk mendapatkan masukan dan saran berharga dari berbagai pemangku kepentingan terkait potensi kakao di Luwu Utara. Elifinas Yusufadisyukur, selaku Program Manager ACTIVE, menggarisbawahi pentingnya kolaborasi dan sinergi untuk memaksimalkan potensi tersebut.

Pemerintah Daerah, yang diwakili oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menegaskan komitmen penuhnya dalam mendukung pengembangan program kakao. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kakao masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan petani kecil di Luwu Utara.

Kerjasama dengan USAID ACTIVE dan pihak terkait lainnya mendapatkan apresiasi penuh dari Bupati Indah. Hasil studi ACTIVE akan menjadi bahan kajian mendalam dan dimasukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Luwu Utara periode 2025-2045.

"Upaya pengembangan kakao di area perhutanan sosial ini sejalan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan. Diharapkan program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendukung pelestarian lingkungan, dan memajukan ekonomi lokal," kata Indah.

Kerjasama dan komitmen kuat dari berbagai pihak, termasuk Bappeda, USAID ACTIVE, Pemerintah Daerah, petani, dan masyarakat luas, menjadi kunci utama untuk mewujudkan keberhasilan program ini. Pengembangan potensi kakao di Luwu Utara diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Editor : Nasruddin

Follow Berita iNews Lutra di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut