get app
inews
Aa Read Next : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kinerja Polres dalam Menjaga Keamanan dan Penanganan Bencana

Bupati Luwu Utara Apresiasi Pelaksanaan Kamp Klasis Rongkong Sabbang Baebunta

Rabu, 26 Juni 2024 | 13:47 WIB
header img
Kamp Klasis Rongkong Sabbang Baebunta, (Foto: Tangkapan Layar))

MASAMBA,iNewsLutra.id - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, memberikan apresiasi atas pelaksanaan Kamp Klasis Rongkong Sabbang Baebunta. Dalam pidatonya, ia menekankan pentingnya kegiatan keagamaan seperti ini sebagai wadah edukasi dan sosialisasi.

 

Selain itu, Indah juga menyampaikan pesan mengenai kesiapsiagaan menghadapi tantangan global, seperti resesi ekonomi dan perubahan iklim, serta mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan.

 

“Saya biasa menghadiri kamp klasis seperti ini, biasanya yang menjadi peserta itu para pemuda atau anak sekolah saja. Kali ini berbeda, mungkin karena sedang libur panjang, saya lihat semua ada, bukan hanya dari PPGT, tetapi PWGT, PKBGT, termasuk Sekolah Minggu juga ada,”  ucap Indah.

Bupati Indah menunjukkan pemahaman yang baik tentang pentingnya peran agama dalam pembangunan masyarakat. Dengan menghadiri kegiatan keagamaan seperti kamp klasis, ia menunjukkan dukungan terhadap nilai-nilai keagamaan dan upaya untuk membangun sinergi antara pemerintah dan agama.

“Pemerintah mengapresiasi kerja-kerja yang telah dilakukan, karena saya kira melalui kamp ini akan begitu banyak informasi dan edukasi yang disampaikan, baik terkait keimanan maupun terkait sosial kemasyarakatan,” sebut bupati yang karib disapa IDP ini.

Indah berpesan pentingnya menjaga lingkungan dan kesiapsiagaan menghadapi tantangan global menunjukkan upaya untuk memberdayakan masyarakat agar lebih tangguh dan mandiri. Kamp klasis seperti ini dapat menjadi sarana efektif untuk memberikan pendidikan agama, moral, dan sosial kepada masyarakat, terutama generasi muda.

“Karena proses mitigasi yang paling penting adalah menyiapkan diri kita, bukan mengubah kondisi. Sebab tidak mudah mengubah kondisi, apalagi kondisi cuaca yang tidak mungkin kita kendalikan. Dan yang bisa kita lakukan saat ini adalah mitigasi dan adaptasi. Jadi mari kita sama-sama melalui kegiatan ini kita siapkan diri kita,” ungkapnya.

Indah menitipkan pesan tentang pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan agama dalam pembangunan daerah. Dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, diharapkan dapat tercipta masyarakat yang lebih sejahtera, berdaya saing dan berkelanjutan.

“Saya juga menitip pesan kepada saudara-saudara kita yang berasal dari daerah hulu, terutama daerah Rongkong dan Sabbang pegunungan, tolong dijaga daerah tangkapan air kita, kapan daerah tangkapan air kita rusak di hulu, akan rusak semua ke hilir. Kemudian sebisa mungkin hindari beraktivitas di daerah bantaran sungai,” pintanya.

“Kita berkewajiban menjaga bumi ini, menjaga daerah ini. Bukan hanya untuk diri kita, tapi juga untuk anak-cucu kita. Kalau bapak ibu senang tebang pohon, minimal juga senang tanam pohon kita. Saya kira kalau gereja sudah bertindak mengingatkan jemaat bersama bapak-ibu pendeta, itu akan sangat lebih efektif, dibanding hanya pemerintah saja,” pesan  bupati dua periode tersebut.

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut