get app
inews
Aa Read Next : Bupati Luwu Utara Dukung Ekonomi Ekologis dalam Perayaan Paskah

Bupati Luwu Utara Jadi Narasumber Pelatihan Kepemimpinan Nasional

Kamis, 28 Maret 2024 | 02:11 WIB
header img
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat menjadi narasumber pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional ,(Foto Kominfo Lutra).

MASAMBA,iNewsLutra.id - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menjadi narasumber dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tk. II Angkatan V Tahun 2024 di Lembaga Administrasi Negara. Kamis (28/3/2024).

Dalam sesi tersebut, Indah menyoroti isu strategis nasional yang memiliki dampak lokal, di antaranya adalah masalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih kurang profesional.

"Salah satu PR utama daerah adalah bagaimana kita mempersiapkan SDM secara tepat. Hal ini meliputi identifikasi terhadap jumlah staf yang dibutuhkan, tingkat pengalaman, dan kemampuan yang dominan. Pemetaan ini akan sangat membantu dalam mempercepat program pembangunan daerah," ujar Indah.

Selain itu, Indah juga menyoroti isu-isu penting lainnya, seperti digitalisasi layanan, politik dan demokrasi, kemiskinan dan stunting, serta inflasi dan investasi.

"Digitalisasi layanan bukanlah pilihan, melainkan keharusan. Namun, baik pemberi maupun penerima layanan harus siap menghadapinya," tambahnya.

Indah menekankan pentingnya adaptasi terhadap perubahan yang terus berlangsung. "Sebagai pemberi layanan, kita harus mampu berubah seiring dengan perkembangan lingkungan strategis. Di zaman ini, tidak ada tempat bagi mereka yang enggan berubah, karena satu-satunya hal yang pasti adalah perubahan itu sendiri," tegasnya.

Selain memahami regulasi dengan baik, Indah juga menekankan pentingnya pendekatan humanis dan fleksibel dalam melaksanakan tugas sebagai pemberi layanan.

"Kita tidak boleh kaku. Sebagai pemberi layanan, kita harus mampu memahami kebutuhan manusia dan bersikap fleksibel," ungkap Indah yang turut didampingi oleh Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Arief Palallo.

Di hadapan para peserta dari berbagai daerah di Indonesia, Indah membagikan pandangannya mengenai empat golongan Aparatur Sipil Negara (ASN) berdasarkan tingkat kompetensi dan kepedulian.

Selain membahas isu-isu strategis nasional, Indah juga menjelaskan tujuan dari setiap kebijakan nasional yang mencakup tiga aspek utama, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial, menjaga keamanan dan ketertiban serta stabilitas sosial, dan membangun kemandirian dalam aspek sosial dan ekonomi.
 

Editor : Nasruddin

Follow Berita iNews Lutra di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut