get app
inews
Aa Read Next : Program Tiga Kartu Sakti Ibas-Puspa Menjadi Perhatian Positif di Lutim

Kejari Luwu Timur Kawal 31 Proyek Strategis Daerah

Kamis, 07 Juli 2022 | 18:04 WIB
header img
Kasi Intel Kejari Luwu Timur, Bara Mantio Irsahara.

LUTIM, iNews id - Tim Pengamanan Proyek Strategis Daerah (PPSD) Kejaksaan Negeri Luwu Timur mengawasi 31 proyek strategis yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, Sulsel.

Kasi Intel Kejari Luwu Timur, Bara Mantio Irsahara mengatakan, dari 300 lebih proyek strategis daerah Kabupaten Luwu Timur, 31 diantaranya kami dampingi, itu dikarenakan keterbatasan personil dan berdasarkan hasil telaah, ungkapnya kepada media ini, Kamis (7/7/2022).

"Tidak semua kita dampingi, kita telaah dulu apakah proyek ini bisa didampingi atau tidak, karena kita melihat sebagaimana ancaman, gangguan dan hambatannya (AGH) ketika proyek ini berjalan," ujarnya.

Namun sebelumnya dinas terkait terlebih dahulu menggelar pemaparan proyek yang akan dilakukan pengamanan, kalau tidak ada masalah barulah disepakati, sambungnya lagi.

Menurutnya, pengamanan ini dimulai dari perencanaan sampai PHO dengan melibatkan Ekbang, inspektorat, ULP dan para PPK dimasing-masing dinas.

Tak hanya itu kata Bara, kita juga melakukan pengawasan di tingkat Unit Layanan Pengadaan (ULP), untuk menghindari perbuatan interfensi.

"Nah, jika pelaksanaan proyek sudah berjalan, maka seminggu sekali kita minta laporan pencapaian progresnya. Dan jika ada masalah maka kita undang rekanan serta PPKnya untuk dimusyawarahkan dimana letak masalahnya," terangnya. 

Meski demikian, kita juga akan tegur ketika ada masalah pada proyek tersebut misalnya tidak sesuai bestek atau keluar dari gambar perencanaan, namun jika masih tetap bandel kami tidak segan-segan memproses hukum, tandas Bara.

"Pengamanan ini bukan pada rekanannya atau kontraktornya tetapi kepada proyek strategis tersebut agar lebih terarah dan sesuai dengan perencanaan yang disepakati," kuncinya.
 

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut