get app
inews
Aa Read Next : PA Lutim Cetak 588 Janda Sepanjang Tahun 2023, Mendominasi di Malili

Miris, Warga Tandu Pasien Sejauh 4 Kilometer Imbas Jalan Rusak Parah di Luwu Timur

Minggu, 03 September 2023 | 19:45 WIB
header img
seorang warga dusun kayu tanduk atas terpaksa ditanduh sejauh 4 km lantaran jalan rusak parah, (Foto: Andi Makkasau)

LUTIM, iNewsLutra.id, - Lukas Lilu, seorang warga Dusun Kayu Tanduk Atas, Desa Matano, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan yang menderita sakit, terpaksa harus ditandu sejauh 4 kilometer menuju jalan poros yang bisa dijangkau kendaraan roda empat untuk dibawa ke Puskesmas Malili.

Warga bersama kerabat dekat Lukas Lilu, bergantian  memikul tandu yang terbuat dari kain selimut dan dua potong kayu. Jalan desa yang dilintasi cukup ekstrim dan hanya dapat dijangkau dengan sepeda motor dan mobil khusus.

"Kami tidak punya mobil yang bisa sampai ke desa kami, akhirnya pak Lukas kami tandu sejauh 4 kilometer sampai ke ujung jalan yang bisa dijangkau mobil pikup, selanjutnya pakai mobil pikup diantar ke Puskesmas Malili," kata Rizal Tandiabang, kerabat Lukas Lilu, Minggu (2/9/2023).

Rizal menambahkan, di desanya ada ambulance Puskesmas, tapi tanpa sopir. Sementara warga yang sakit tadi, sudah tidak mampu duduk dan harus ditandu.

"Kami gunakan mobil pikup milik jemaat gereja," katanya lagi.

Kabupaten Luwu Timur, dikenal sebagai salah satu daerah terkaya di Sulawesi Selatan dengan potensi tambang nikelnya. Daerah ini juga mengusung tagline daerah inspiring dan baku jagaki yang berati kita saling jaga. Namun miris, daerah ini ternyata masih ada warganya yang harus ditandu menuju rumah sakit, akibat buruknya infrastruktur jalan.

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut