get app
inews
Aa Read Next : Pj Wali Kota Palopo Tutup Pelatihan Dasar Damkar 2024

Pejabat Wali Kota Palopo Resmikan Posyandu Wisata Patikala

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 23:04 WIB
header img
Pj Wali Kota Palopo resmikan posyandu wisata Patikala, (Foto : istimewa)

PALOPO,iNewsLutra.id - Inovasi Posyandu Wisata Patikala yang secara resmi diresmikan oleh Penjabat Wali Kota Palopo, Asrul Sani.

Peresmian ini berlangsung di Wisata Pemandian Alam Latuppa, Kelurahan Latuppa, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo, pada Jumat, (12/10/2023).

Dengan inovasi ini diharapkan menjadi langkah yang sangat positif dalam meningkatkan pelayanan kesehatan keluarga terintegrasi di wilayah tersebut.

Inovasi ini merupakan hasil kerjasama antara Dinas Kesehatan Kota Palopo dan Puskesmas Mungkajang, yang menciptakan Posyandu Wisata Patikala.

"Kami memberi nama Patikala karena Patikala adalah tumbuhan endemis di wilayah Latuppa dan digunakan dalam berbagai aspek kuliner, termasuk bahan masakan ikan dan minuman jus karena kandungan vitamin C yang tinggi," ujar Irsan Anugrah Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo.

Inovasi ini mengintegrasikan enam layanan kesehatan menjadi satu, yang mencakup Posyandu Balita, Posyandu Remaja, Posyandu Usia Produktif, Posyandu Lansia, program pengobatan tradisional, dan program Posyandu kesehatan olahraga.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota, Asrul Sani, mengapresiasi inovasi tersebut dan menekankan pentingnya Posyandu dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dia juga menyatakan harapannya agar masyarakat memanfaatkan layanan kesehatan tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Kita harus memanfaatkan inovasi ini dan bergerak bersama untuk mencapai Zero Stunting," katanya.

Asrul mengaku prihatin dengan tingginya angka stunting di Palopo yang melebihi target nasional. Dia menyebut program "Zero Stunting" yang dicanangkan oleh Pj. Gubernur Sulsel bisa dicapai di Palopo.

"Saya berharap kita di Palopo bisa mencapai Zero Stunting," ujarnya.

Peluncuran aplikasi "Insting" (Ikhtiar Meng-Zero-kan Stunting) oleh Gubernur sebagai langkah penting dalam pencegahan dan pengobatan stunting.

Peresmian Posyandu Wisata Patikala ini dihadiri oleh berbagai pejabat daerah dan warga setempat.

Inisiatif ini menjadi komitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di wilayah tersebut dan berperan penting dalam mencapai tujuan "Zero Stunting."

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut