get app
inews
Aa Read Next : Pj Wali Kota Palopo Ajak Jamaah Calon Haji Maksimalkan Ibadah

Pj Wali Kota Palopo Tutup Pelatihan Dasar Damkar 2024

Senin, 10 Juni 2024 | 14:19 WIB
header img
11 Personil Damkar Palopo Dikukuhkan, (Foto Kominfo Palopo)

PALOPO,iNewsLutra.id - Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, bertindak sebagai pembina apel pada penutupan Pelatihan Dasar (Latsar) Angkatan X Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palopo tahun 2024.

Acara penutupan yang berlangsung di halaman Kantor Wali Kota Palopo ini dirangkaikan dengan pemasangan baret (pembaretan) kepada personel Damkar oleh Pj. Wali Kota Palopo.

Asrul Sani mengapresiasi jajaran Damkar dan Penyelamatan Kota Palopo yang terus meningkatkan kapasitas aparatur pemadam kebakaran dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

"Ini penting, karena Kota Palopo masuk dalam daerah zona merah bencana, yang mengharuskan kita senantiasa waspada dan tanggap," ujar Asrul.

Sejak menjabat sebagai Pj. Wali Kota Palopo, Asrul langsung mengunjungi BPBD, Dinsos, dan Damkar untuk memantau dan memastikan kesiapan dalam pengelolaan kebencanaan. Ia juga menekankan perlunya penambahan anggaran bagi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, serta penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi personel.

"APD akan kita siapkan, kita berharap dengan itu, para personel lebih menjaga performa, percaya diri, dan profesional dalam memberikan layanan dengan perlengkapan yang bagus dan tentu peralatan yang juga harus diperhatikan," lanjutnya.

Asrul juga menyebut Damkar sudah diberikan mobil operasional, meskipun bekas, namun tetap bisa dioptimalkan sebagai mobil komando operasional.

Selain itu, Asrul telah menandatangani Surat Edaran tentang Himbauan Penyediaan Alat Pemadam Kebakaran, Nomor: 500.15.18.2/14/WK, yang ditujukan kepada berbagai pihak, termasuk instansi vertikal, perangkat daerah, camat, lurah, rumah sakit, puskesmas, perbankan, perguruan tinggi, mall, tempat perbelanjaan, gudang, restoran, dan rumah makan.

Pelatihan Dasar Damkar yang diikuti oleh 11 personel ini berlangsung selama 20 hari, mulai 21 Mei 2024 hingga 9 Juni 2024. Narasumber dalam pelatihan ini adalah aparatur Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palopo yang telah bersertifikasi.

Dengan penutupan pelatihan ini, diharapkan para personel Damkar Kota Palopo dapat lebih siap dan profesional dalam menghadapi berbagai situasi darurat, terutama dalam menangani kebakaran dan penyelamatan.

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut