get app
inews
Aa Read Next : Pekerjaan Terhenti, Revitalisasi Stadion Lagaligo Senilai 40 Miliar Terancam Mangkrak

SDN Katokkoan Pastikan Keamanan Jajanan Anak Sekolah, Wakili Sulsel di Lomba PJAS BPOM RI

Sabtu, 13 Januari 2024 | 12:28 WIB
header img
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyerahkan sertifikat kepada Kepala Sekolah SDN 097 Katokkoan, Supiyan Sakti, (Foto Kominfo Luwu Utara).

MASAMBA, iNewsLutra.id - UPT SDN 097 Katokkoan Masamba, yang dipilih sebagai perwakilan Sulawesi Selatan dalam Lomba Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang diselenggarakan oleh BPOM RI, telah memastikan keamanan jajanan bagi anak sekolah.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyampaikan hal tersebut setelah menempelkan stiker Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) aman di Kantin SDN Katokkoan pada Sabtu (13/1/2024).

"Setelah melalui penilaian BPOM, SDN Katokkoan terpilih sebagai sekolah yang memenuhi syarat Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) aman," terang Indah.

Beberapa indikator penilaian termasuk kemampuan SDN Katokkoan dalam melahirkan inovasi untuk mendukung PJAS aman, seperti keharusan menggunakan tumbler di sekolah untuk mengurangi pemakaian gelas berulang oleh para murid.

"SDN Katokkoan juga menerapkan Kamis Bekal, di mana setiap siswa wajib membawa bekal setiap hari Kamis," tambah Bupati Perempuan pertama di Sulsel itu.

Menyikapi jajanan yang disajikan di kantin sekolah, Indah mengatakan pihak sekolah telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) terkait pangan dan jajanan sehat bersama pihak kantin sekolah.

"MoU tersebut berisi tentang pangan dan jajanan yang direkomendasikan untuk dijual dan dikonsumsi oleh anak-anak sekolah. MoU tersebut turut disaksikan oleh komite sekolah, Puskesmas Masamba, Koordinator Pendidikan Kecamatan Masamba, dan Kepala Dinas Kesehatan," terang istri Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi.

Indah juga meminta agar dalam penerapan PJAS tidak hanya memperhatikan keamanan, tetapi juga memastikan kesehatannya.

"Karena ini terkait dengan apa yang kita konsumsi, atau apa yang masuk ke dalam perut kita, jangan sampai pulang sekolah anak kita sakit perut. Jadi jajanan ini memang sangat penting untuk kita perhatikan," pinta bupati dua periode tersebut.

Selain Lomba Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS), Pasar Kapidi Kecamatan Mappedeceng, Kabupaten Luwu Utara, juga berhasil mewakili Sulawesi Selatan dalam Lomba Pangan Pasar Aman.

Hadir mendampingi bupati adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Misbah, Sekretaris Dinas Kesehatan, Imran, dan Kepala Sekolah SDN 097 Katokkoan, Supiyan Sakti.

Editor : Nasruddin

Follow Berita iNews Lutra di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut