get app
inews
Aa Read Next : Bupati Luwu Utara Dukung Ekonomi Ekologis dalam Perayaan Paskah

Dasa Wisma Punya Peran Penting Sukseskan Program Pemerintah di Luwu Utara

Jum'at, 19 Januari 2024 | 12:49 WIB
header img
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat menjadi narasumber sekaligus membuka Orientasi Kader Dasa Wisma di Kecamatan Sabbang Selatan, (Foto Kominfo Luwu Utara).

MASAMBA, iNewsLutra.id - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menggarisbawahi peran penting dasa wisma dalam menyukseskan program pemerintah di berbagai bidang, seperti pembangunan, kesehatan, dan lingkungan. Hal ini disampaikannya saat menghadiri Orientasi Kader Dasawisma di Aula Kantor Camat Sabbang Selatan, Jumat (19/01/2024).

"Dasa wisma, jika berjalan dengan baik, akan sangat berperan dalam mensukseskan program-program pemerintah," kata Indah.

Lebih lanjut, Indah Putri Indriani, yang juga merupakan istri Anggota DPR RI Muhammad Fauzi, menegaskan dasa wisma juga memegang peranan penting dalam mengimplementasikan 10 program pokok PKK.

"Dasa wisma ini ada di tingkat bawah, dan satu dasa wisma mengkoordinir 10 sampai 20 rumah, jadi sangat efektif jika mereka benar-benar bergerak, misalnya mensosialisasikan program PKK, laporan data stunting, dan lain sebagainya."

Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan ini menambahkan, meskipun kelompok dasa wisma tergolong kecil, namun dinilai sangat efektif karena koordinasi di antara anggotanya mudah dan efisien.

"Terkadang kelompok atau organisasi yang kecil itu lebih efektif," terangnya. "Karena koordinasi di antara mereka terbilang mudah sehingga untuk mensosialisasikan program pembangunan maupun kesehatan seperti pencegahan stunting sangat efektif."

Menurutnya, data yang dimiliki oleh dasa wisma pun sangat lengkap, mulai dari jumlah anggota keluarga, kondisi ekonomi, kondisi sosial, hingga status balita (stunting atau tidak). Hal ini mempermudah pelaksanaan program-program pemerintah, khususnya dalam hal pencegahan stunting.

"Meskipun kecil tapi sangat efektif," tegasnya.

Oleh karena itu, Indah berharap semua kelompok dasa wisma di Luwu Utara dapat berfungsi dengan baik dan maksimal dalam membantu pemerintah dan PKK dalam menjalankan program-programnya.

Editor : Nasruddin

Follow Berita iNews Lutra di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut