get app
inews
Aa Read Next : Kabupaten Luwu Utara Kembali Raih Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM

Indah Komitmen Membawa Luwu Utara Menjadi Daerah Sejahtera

Rabu, 27 Maret 2024 | 02:14 WIB
header img
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat membuka Musrenbang RPJPD ,(Foto Kominfo Lutra).

MASAMBA,iNewsLutra.id - Kabupaten Luwu Utara telah menetapkan visi pembangunan untuk periode tahun 2025 hingga 2045, yaitu Luwu Utara Tangguh, Maju, Sejahtera, dan Berkelanjutan.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengungkapkan dari visi tersebut, telah ditetapkan 8 misi pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJPD), antara lain mewujudkan pembangunan manusia yang produktif dan berkualitas serta perlindungan sosial yang adaptif, mewujudkan pusat pertumbuhan ekonomi wilayah, penerapan ekonomi hijau, transformasi digital, peningkatan IPTEK, inovasi, dan produktivitas ekonomi.

Mewujudkan regulasi dan tata yang berintegrasi dan adaptif, Memantapkan keamanan tangguh, demokrasi substansial, stabilitas ekonomi makro daerah, mewujudkan kelestarian lingkungan hidup dan mitigasi bencana serta memelihara ketahanan sosial budaya dan ekologi, mendorong pembangunan kewilayahan yang merata dan berkeadilan, memenuhi kecukupan sarana dan prasarana yang berkualitas dan ramah lingkungan dan mendorong daya saing daerah untuk kesinambungan pembangunan.

"Tahapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJPD) ini telah kita mulai dari forum konsultasi publik beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, pada hari ini, minimal peserta Musrenbang harus seimbang antara internal dan eksternal, dengan catatan semua perwakilan harus hadir," ujar Indah. Rabu, (27/3/2024).

Indah menyebut hasil dari Musrenbang ini nantinya akan didorong ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk kemudian ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) untuk menjadi acuan. Selain itu, Indah juga menekankan pentingnya pendataan desa-desa yang rawan pangan.

"Tetaplah aktif dalam mendata desa-desa yang rawan pangan. Ketahanan ekonomi sangat ditentukan oleh data-data yang akan kita tampilkan untuk melihat potensi dan peluang sumber daya ke depan," terang Indah.

"Kita semua memiliki tanggung jawab, tidak perlu disukai semua orang, yang penting kita menjalankan tanggung jawab. Maka janganlah menjadi masa bodoh. Untuk itu, saya berharap kita semua dapat memberikan masukan, tidak hanya hadir sebagai perwakilan," pinta orang nomor satu di Luwu Utara ini.

Editor : Nasruddin

Follow Berita iNews Lutra di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut