get app
inews
Aa Read Next : Pecahkan Rekor Muri, Ribuan Pelajar Menari Bersama Bupati Lutra

Tingkatkan Akses Sanitasi Layak, Lutra Penerima Program H-ALS Terbanyak di Sulsel

Kamis, 06 Juni 2024 | 02:24 WIB
header img
Program H-ALS, (Foto Humas Luwu Utara)

MASAMBA,iNewsLutra.id - Kabupaten Luwu Utara kembali mendapat program H-ALS (Hibah Air Limbah Setempat). Program H-ALS tersebut merupakan aspirasi dari Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Fauzi.

Dinas PUTRKP2, Muharwan mengatakan, bahwa pada 2024 ini, Luwu Utara mendapat 311 unit. Dan merupakan terbanyak di Sulawesi Selatan.

“Kabupaten Luwu Utara memperoleh HALS sebanyak 300 unit pada 2022, kemudian 229 unit di 2023 dan pada 2024 sebanyak 311 Unit terbanyak di Sulawesi Selatan,” jelasnya, Kamis 6 Juni 2024.

Muharwan mengatakan, program H-ALS bertujuan untuk meningkatkan akses sanitasi layak menuju aman, melalui pemberian hibah dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah, sebagai insentif dalam pelaksanaan peran dan tanggung jawabnya untuk menyelenggarakan penyediaan pelayanan air limbah domestik.

“Kita patut bersyukur, sebab ada perwakilan di pusat. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada bapak Muhammad Fauzi yang telah berjuang dan berkomitmen untuk program ini,” tuturnya.

Kegiatan program H-ALS merupakan program Hibah dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah dengan pendekatan berbasis kinerja (output based), di mana Pemerintah Daerah melaksanakan pembangunan infrastruktur Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S), berupa tangki septik yang dilengkapi resapan, bangunan atas, serta fasilitas penunjang sesuai kebutuhan dengan menggunakan dana APBD terlebih dahulu.

Program H-ALS selanjutnya akan diberikan kepada 15 desa yang tersebar di 9 kecamatan. Di antaranya, Desa Batualang 20 unit, Desa Tarobok 21 unit, Desa Lara 20 unit, Desa Polewali 21 unit, Desa Lembang-lembang 21 unit, Desa Sumpira 21 unit

Selanjutnya, Desa Muktitama 20 unit, Desa Lantang-tallang 21 unit, Desa Kapidi 21 unit, Desa Sukamaju 20 unit, Desa Mulyorejo 21 unit,

Kemudian, Desa Sukaharapan 20 unit, Desa Sukaraya 21 unit, Desa Batang Tongka 20 unit, dan Desa Bungadidi 21 unit.

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut