get app
inews
Aa Read Next : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kinerja Polres dalam Menjaga Keamanan dan Penanganan Bencana

Atasi Banjir di Luwu Utara, Indah Putri Indriani : Bendungan Rongkong Solusi Jangka Panjang

Senin, 08 April 2024 | 10:51 WIB
header img
Foto Kominfo Luwu Utara

MASAMBA,iNewsLutra.id - Banjir yang kerap melanda wilayah Luwu Utara menjadi perhatian serius pemerintah daerah. Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, meninjau langsung lokasi terdampak banjir di Desa Lembang-lembang, Kecamatan Baebunta Selatan, Senin (8/4/2024).

Indah menyebut pembangunan Bendungan Rongkong menjadi solusi jangka panjang untuk mengatasi banjir yang berkepanjangan di daerah itu. Menurutnya, pembangunan Bendungan Rongkong telah melalui kajian matang oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ). Namun, dukungan masyarakat di wilayah hulu masih diperlukan untuk kelancaran proyek ini.

"Penanganan jangka pendek seperti perbaikan tanggul hanya bersifat sementara, seperti memadamkan api. Kita membutuhkan solusi permanen, dan Bendungan Rongkong adalah jawabannya. Beberapa tahun lalu terjadi penolakan terhadap pembangunan bendungan ini, padahal masyarakat di bantaran sungai adalah pihak yang paling merasakan dampak," ungkap Indah.

Sebagai langkah darurat, Pemda Luwu Utara berkoordinasi dengan BBWSPJ untuk melakukan perbaikan tanggul yang jebol. Total kerusakan tanggul mencapai 111 meter di tiga desa, dengan lima titik lokasi yang membutuhkan 1.221 jumbo bag.

"Tiga alat berat telah dikerahkan ke lokasi, dua dari Pemda dan satu dari BBWSPJ, ditempatkan di Lawewe, Wara, dan Lembang-lembang. Penanggulangan banjir membutuhkan kesabaran, doa, dan dukungan dari semua pihak. Mari kita bersama-sama membangun Luwu Utara yang lebih tangguh dan bebas dari bencana," tutur Indah

Indah mengaku telah menginstruksikan PMI Luwu Utara untuk mendistribusikan air bersih yang aman dikonsumsi kepada masyarakat terdampak banjir di wilayah itu.

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut