Pj Gubernur dan Pj Wali Kota Palopo Berkunjung ke Istana Kedatuan Luwu

M.Qiral
Pj Gubernur Sulsel dan Pj Wali Kota Palopo berkunjung ke Istana Kedatuan Luwu, (Foto: Humas Pemkot Palopo).

PALOPO,iNewsLutra.id - Pj. Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. Bahtiar Baharuddin, beserta rombongan, termasuk Pj Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Sofha Marwah Bahtiar, Pj Wali kota Palopo, Asrul Sani dan Ketua TP PKK Kota Palopo, Hasnawati Asrul, melakukan kunjungan ke Istana Kedatuan Luwu. Minggu (5/11/2023) kemarin.

Rombongan Pj. Gubernur diterima oleh Cenning Luwu, Andi Sitti Huzaimah Mackulau Opu Daeng Ri Pajung, beserta dewan adat Kedatuan Luwu.

Kedatuan Luwu menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Pj. Gubernur Sulawesi Selatan dan rombongan, merasa sangat dihormati dengan kunjungan tersebut serta menganggapnya sebagai peristiwa luar biasa yang akan tercatat dalam sejarah Kedatuan Luwu.

Pj. Gubernur Sulsel, dalam sambutannya, mengungkapkan rasa terima kasih kepada Kedatuan Luwu atas sambutan meriah di Istana Kedatuan Luwu.

Pj. Gubernur menekankan pentingnya budaya dalam pembentukan karakter masyarakat Sulawesi Selatan, menyatakan bahwa budaya adalah bagian integral dari identitas masyarakat yang harus dijaga agar tidak punah.

"Nilai-nilai budaya tersebut membuat masyarakat Sulawesi Selatan menjadi berbeda dan unik dan harus dipertahankan," katanya

Selama kunjungan tersebut, Kedatuan Luwu mengadakan berbagai ritual adat, termasuk "Ri Paduppai Lellung" (penjemputan dengan tenda kebesaran) dan Tari Padduppa.

Mereka juga memberikan tanda penghormatan dengan menyematkan pin, melakukan pemasangan badik/keris serta melaksanakan prosesi adat mattoana dan berbagai prosesi adat lainnya.

Kunjungan ini menekankan pentingnya merawat dan mempromosikan warisan budaya daerah sambil memperkuat hubungan antara pemerintah provinsi dan Kedatuan Luwu.

Editor : Nasruddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network