Kota Palopo Siap Hadapi Masa Depan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang

M. Qiral
DPRD Palopo Gelar Rapat Paripurna Tiga Agenda Acara, (Foto : Kominfo Palopo)

PALOPO,iNewsLutra.id - Pemerintah Kota Palopo, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Firmanza menyampaikan sejumlah rancangan kebijakan penting dalam rapat paripurna DPRD. Rapat ini menjadi tonggak awal bagi Kota Palopo dalam merancang masa depan yang lebih baik. Selasa, (30/07/2024).

Salah satu agenda utama dalam rapat tersebut adalah penyerahan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2025. Rancangan ini merupakan langkah awal dalam menyusun anggaran daerah yang akan difokuskan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

Sekda Firmanza DP menjelaskan bahwa anggaran tahun 2025 akan diarahkan pada upaya percepatan transformasi ekonomi. Beberapa program prioritas yang akan digalakkan antara lain penanganan kemiskinan ekstrem, penurunan stunting, pengendalian inflasi, dan peningkatan investasi. Selain itu, pemerintah juga akan fokus pada penguatan reformasi struktural melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, dan penguatan kelembagaan.

"Untuk mewujudkan tema tersebut, pemerintah menetapkan 5 agenda pembangunan. Mulai dari transformasi sosial, transformasi ekonomi, transformasi data kelola, supremasi hukum stabilitas dan kepemimpinan Indonesia, serta ketahanan sosial budaya dan ekonomi," jelasnya.

Agenda penting lainnya dalam rapat paripurna adalah penyerahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045. RPJPD ini merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah yang akan menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam menyusun rencana pembangunan jangka menengah selama lima tahun ke depan.

"Penyusunan RPJP di Kota Palopo tahun 2025 hingga 2045, telah mempedomani rencana pembangunan jangka panjang nasional dan rencana pembangunan daerah Sulawesi Selatan, juga mengacu pada evaluasi pencapaian," lebih lanjut Firmanza DP.

Dengan adanya rencana pembangunan jangka panjang yang jelas, diharapkan Kota Palopo dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan menjadi kota yang lebih maju dan berkelanjutan. Pemerintah Kota Palopo mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan visi dan misi pembangunan Kota Palopo.

https://palopokota.go.id/post/dprd-palopo-gelar-rapat-paripurna-tiga-agenda-acara

Editor : Nasruddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network