Pj Wali Kota Palopo Hadiri High Level Meeting Stabilitas Harga Bahan Pokok

M. Qiral
HLM TPID Kota Palopo, Upaya Strategis Pemkot Kendalikan Inflasi (Foto Kominfo Palopo)

PALOPO,iNewsLutra.id - Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, menghadiri High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Palopo yang membahas stabilitas harga bahan pokok, bertempat di Aula Ratona, Kantor Wali Kota Palopo, pada Senin, (26/8/2024).

Dalam sambutannya, Asrul Sani melaporkan tingkat inflasi Kota Palopo untuk bulan Juli 2024 adalah sebagai berikut: Month to Month (MtM) sebesar 0,29%, Year on Year (YoY) 2,19%, dan Year to Date (YtD) 1,72%.

“Upaya konkrit untuk pengendalian inflasi telah dilakukan melalui koordinasi TPID Kota Palopo dengan menerapkan tiga strategi utama, yaitu pemantauan distribusi dan keterjangkauan harga, intervensi pada harga-harga bahan pokok dan barang penting, serta peningkatan produksi dan pasokan dari luar daerah,” ujar Asrul Sani

Dalam upaya menstabilkan stok dan harga pangan, pemerintah kota telah mengaktifkan rumah pangan, melibatkan asosiasi pedagang, serta memfasilitasi pedagang beras, telur, dan sayuran. Selain itu, pemerintah juga bekerjasama dengan distributor dan petani dari daerah Sidrap dan Enrekang.

Untuk jangka pendek, pemerintah menerapkan subsidi harga dan transportasi pada barang yang mengalami kenaikan harga.

“Kami juga melaksanakan gerakan pangan murah pada waktu-waktu tertentu dan berkoordinasi dengan distributor untuk mencegah penahanan barang atau kenaikan harga yang tidak wajar,” tambah Asrul.

Untuk jangka menengah, pemerintah Kota Palopo akan fokus pada kerjasama antar daerah dan berkoordinasi dengan Pertamina terkait kelancaran distribusi BBM dan gas elpiji.

“Sementara untuk jangka panjang, kami berkomitmen pada swasembada pangan dan memperluas gerakan menanam tanaman hortikultura dengan memanfaatkan lahan-lahan yang tidak produktif,” tandasnya

Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Palopo, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palopo, unsur Forkopimda Kota Palopo, serta pimpinan perangkat daerah dan pimpinan BUMN/BUMD. Para tamu undangan lainnya turut hadir dalam kegiatan ini.

Editor : Nasruddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network