get app
inews
Aa Read Next : Aksi Koboi Tiga Pria Bersenjata Tajam Serang Warga di Luwu, Video Viral Menjadi Sorotan

Pembayaran Kompensasi Lahan di Luwu Menjadi Fokus PT Masmindo

Kamis, 19 Oktober 2023 | 10:36 WIB
header img
PT Masmindo Dwi Area, (Foto Humas Masmindo)

BELOPA,iNewsLutra.id - PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) telah memasuki tahap akhir penyelesaian kompensasi lahan di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Fokus saat ini adalah pada dua desa terdekat dengan area tambang, yaitu Ranteballa dan Boneposi.

Dalam periode Oktober hingga November 2023, perusahaan telah menargetkan proses pembersihan lahan untuk mempersiapkan konstruksi fasilitas tambang di lahan yang telah dikompensasi.

Tindakan ini sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 136 Ayat 1 UU Minerba Nomor 3 Tahun 2020, yang mewajibkan Masmindo untuk menyelesaikan hak atas tanah dengan pemegang hak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Penegasan ini juga didukung oleh Pasal 175 Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara, terutama dalam konteks penggunaan tanah untuk kegiatan pertambangan.

Menurut External Relations Manager Masmindo, Yudhi Purwandi, target total kompensasi lahan saat ini adalah sekitar 1.434 hektar atau sekitar 10 persen dari luas Kontrak Karya Masmindo, yang mencapai 14.390 hektar.

“Dan lebih dari 980 ha telah berhasil dikompensasi oleh Perusahaan. Sementara sekitar 307,6 hektar teridentifikasi masih berada dalam pengelolaan warga masyarakat,” ujarnya.

“Dan saat ini sedang dalam proses lebih lanjut bersama Masmindo. Adapun sejumlah 181,2 hektar teridentifikasi merupakan tanah negara bebas dan tidak berada dalam penguasaan masyarakat (tidak dikelola/tidak digarap),” tambah Yudi.

Yudhi juga menjelaskan bahwa temuan mengenai adanya tanah negara bebas didasarkan pada hasil kajian dan peninjauan lapangan langsung oleh Tim Satuan Tugas Percepatan Investasi Kabupaten Luwu pada Juli 2023.

Editor : Nasruddin

Follow Berita iNews Lutra di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut