Pemkot Palopo Bergerak Maju Berantas Kemiskinan

M. Qiral
Pemkot Palopo Gencarkan Program Padat Karya Atasi Kemiskinan Ekstrem (Foto : Kominfo Palopo).

PALOPO,iNewsLutra.id - Kota Palopo terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu fokus utama adalah pengentasan kemiskinan ekstrem. Senin (29/07/2024).

Melalui seminar yang baru saja digelar, berbagai pihak berkomitmen untuk mencari solusi inovatif dalam mengatasi masalah ini. Hasil penelitian menunjukkan potensi besar dalam pengembangan ekonomi lokal dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda), Sitti Baderia, menyampaikan tujuan utama dari kegiatan penelitian yang sedang dilakukan untuk menentukan fokus dan prioritas dalam pembangunan daerah dengan mengembangkan ekonomi lokal, memperkuat sektor-sektor ekonomi potensial serta menciptakan lapangan kerja.

"Tujuan penelitian ini adalah untuk memverifikasi dan memperkuat sektor-sektor ekonomi potensial serta menciptakan lapangan kerja, penelitian ini juga mencakup aspek pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam, guna memastikan keberlanjutan lingkungan dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam lokal, " ungkap Sitti Baderia di auditorium Saokotae, Senin (29/07/2024).

"Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas pemerintahan daerah dalam penyelenggaraan pelayanan publik, serta mendorong adopsi teknologi informasi dan inovasi di berbagai sektor," tambahnya.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palopo, Ilham Hamid, dalam sambutannya mengapresiasi semua pihak yang telah berperan aktif dalam mencari solusi untuk mengatasi dan mengentaskan kemiskinan ekstrem di Kota Palopo. Ia menyoroti program padat karya dan ketahanan pangan sebagai upaya signifikan dalam mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Upaya ini merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah dalam proses pembangunan yang terencana dan sistematis, dengan tujuan akhir meningkatkan kualitas sumber daya manusia," kata Ilham Hamid.

Ia berharap seminar ini menjadi wadah bagi para peserta untuk berbagi pengalaman dan ide-ide inovatif, serta menegaskan pentingnya kolaborasi dan komitmen semua pihak untuk mengatasi kemiskinan ekstrem di Kota Palopo. Ilham ikut menekankan pentingnya kerja keras para peneliti, akademisi, dan praktisi dalam menghasilkan rekomendasi yang berharga untuk pembangunan Kota Palopo yang lebih baik.

"Mari kita manfaatkan momentum seminar ini untuk membawa perubahan konkret bagi masyarakat kita melalui kerja sama dan semangat gotong royong," ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Balitbangda, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan IAIN Palopo, tim peneliti serta tamu undangan lainnya.

https://palopokota.go.id/post/pemkot-palopo-gencarkan-program-padat-karya-atasi-kemiskinan-ekstrem

Editor : Nasruddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network