get app
inews
Aa Read Next : Peduli Bencana Luwu, Polres Luwu Utara Serahkan Ratusan Paket Sembako dan Obat-obatan

Banjir di Bone-bone, Bupati Imbau Warga Tetap Waspada dan Tidak Lakukan Pembukaan Lahan di Hulu

Senin, 25 Maret 2024 | 02:20 WIB
header img
Indah Putri Indriani saat meninjau beberapa titik banjir di Kecamatan Bone-bone ,(Foto Kominfo Lutra)

MASAMBA,iNewsLutra.id - Banjir kembali melanda Kecamatan Bone-bone, Kabupaten Luwu Utara, Senin malam (25/3/2024). Pasca banjir, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, turun langsung ke lokasi meninjau kondisi dan memberikan imbauan kepada warga.

Berdasarkan informasi yang diterima Indah, banjir disebabkan oleh luapan air sungai yang meluap akibat hujan deras dan kemungkinan adanya longsor di hulu sungai. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun banjir ini menyebabkan beberapa kerusakan infrastruktur dan lahan persawahan.

Indah meminta warga untuk tetap waspada dan selalu mengikuti perkembangan cuaca dari BMKG. Ia juga mengimbau agar warga tidak melakukan pembukaan lahan di daerah hulu, terutama di wilayah pegunungan, karena hal ini dapat memperparah risiko terjadinya banjir.

Sebagai langkah jangka panjang, Indah menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup untuk mengedukasi warga agar menanam pohon di daerah perkebunan di hulu sungai. Selain itu, Pemkab Luwu Utara juga akan meluncurkan program "sedekah pohon" untuk menjaga kelestarian lingkungan.

"Kami sedang mengevaluasi kerusakan infrastruktur yang dilaporkan, termasuk jembatan gantung yang menghubungkan antara Sidomukti dan Sukaraya. Hari ini, kami juga sedang melakukan peninjauan terhadap tanggul yang jebol di Desa Sidomakmur. Saya telah memerintahkan kepada tim Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk berkomunikasi mengenai peralatan yang diperlukan untuk perbaikan. Kami juga telah berkoordinasi untuk membersihkan di bagian hulu karena ada pipa PDAM yang terdampak, yang mana pipa tersebut menyuplai kebutuhan air di Kecamatan Bone-bone," paparnya.
 

Editor : Nasruddin

Follow Berita iNews Lutra di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut