get app
inews
Aa Read Next : Protes Infrastruktur Jalan dan Fasilitas Medis, Mahasiswa Rampi Desak Pemda Lutra Buka Mata

Demo Tambang Emas Ilegal di Rampi, Mahasiswa : Polisi Terkesan Menutup Mata dan Lakukan Pembiaran

Rabu, 19 April 2023 | 13:50 WIB
header img
Puluhan mahasiswa geruduk Mapolres Luwu Utara tuntut polisi tindak penambang emas ilegal di Kecamatan Rampi, (Foto : Istimewa).

Kritik pedas juga dilontarkan Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Pelajar Mahasiswa Seko (PP IPMS), Roni Gatti yang menuntut pencopotan Kapospol Rampi karena dianggap mampu menjalankan tugas sesuai tupoksinya. 

"Copot Kapospol Rampi yang tidak becus menjalankan tugas dan fungsinya selaku aparat penegak hukum. Ketidak becusan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Kapospol diduga kuat bahagian dari dampak persekongkolan jahat antara aparat penegak hukum dengan mafia tambang emas ilegal," kata Roni Gatti. 

Para mahasiswa mendesak Kapolres Lutra untuk segera mengundurkan diri dari jabatannya karena dinilai gagal menegakkan supremasi hukum, khususnya membasmi mafia tambang ilegal di Kabupaten Lutra. 

Jika tuntutan mereka tidak dipenuhi para mahasiswa mengancam akan kembali melakukan aksi serupa dengan menurunkan jumlah massa yang lebih banyak.

Usai menggelar orasi sejumlah perwakilan audiensi dengan Kapolres Lutra AKBP Galih Indragiri yang didampingi Wakapolres Lutra KOMPOL Rifai dan Kasatreskrim Polres Lutra AKP Joddy Titalepta.

Dalam pertemuan itu, AKBP Galih berjanji akan melakukan penegakan hukum terhadap para pelaku tambang emas ilegal di Rampi. 

“Sebelumnya, kami sudah merencanakan untuk menghentikan aktivitas penambangan di Rampi, dan akan memproses hukum siapa saja yang terlibat didalamnya. Ini akan kami tindak lanjuti setelah lebaran nanti," tegas  AKBP Galih.

Galih berjanji akan mewujudkan tuntutan para mahasiswa untuk menghentikan tambang emas ilegal tersebut.

Editor : Nasruddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut